PENINGKATAN KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI SOCIAL MISSION, SERVICE QUALITY, INTENTION TO BUY, DAN BRAND IMAGE

Yoanita Yuniati Mukti, Shafa Ashila, Abu Bakar

Abstract


Tingginya persaingan di industri menunjukkan pentingnya keunggulan kompetitif. Upaya peningkatan keunggulan kompetitif mutlak diperlukan agar upaya yang dilakukan dapat menarik perhatian konsumen. Penelitian ditujukan untuk identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, yaitu social mission, service quality, dan brand image. Hipotesis penelitian adalah faktor social mission, service quality, Intention to buy, dan brand image memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Metode pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan diperoleh data 100 responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS, dan diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan di antara variabel social mission terhadap service quality, brand image dan intention to buy, serta service quality terhadap brand image, dan brand image terhadap intention to buy. Hasil penelitian menunjukkan rekomendasi upaya peningkatan keunggulan kompetitif yaitu diantaranya meliputi, peningkatan kegiatan misi sosial, peningkatan kualitas layanan terutama sikap dari karyawan dalam memberikan layanan kepada pelanggan, serta peningkatan serta ciri khas merek sebagai bagian dari brand image perusahaan.

Keywords


Social mission; service quality; Intention to buy; brand image

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.19.1.39-51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat