HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KEPERCAYAAN DIRI AKADEMIK DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS X

Saka Dewi, Ruseno Arjanggi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri akademik dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa di Universitas X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Subjek dalam penelitian adalah 450 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala regulasi diri dalam belajar, skala dukungan sosial teman sebaya dan skala kepercayaan diri akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri akademik dengan regulasi diri dalam belajar. Hasil uji korelasi parsial antara dukungan sosial teman sebaya dengan regulasi diri dalam belajar menunjukkan adanya hubungan positif. Hasil korelasi parsial antara kepercayaan diri akademik dengan regulasi diri dalam belajar menunjukkan hasil yang positif. Sumbangan efektif yang diberikan variabel dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri akademik dengan regulasi diri dalam belajar adalah 42,1%.

Keywords


regulasi diri dalam belajar; dukungan sosial teman sebaya;kepercayaan diriakademik

Full Text:

PDF

References


Adicondro, N. ; & Purnamasari, A. (2011). Efikasi diri, dukungan sosial keluarga dan self regulated learning pada siswa kelas viii. Humanitas, 7(1)(1).

Ahmadi, A. (2015). Relation between methods of struggling with Stress and the method of solving problem by self-regulated learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 1273–1279. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.241

Aziz, A. (2016). Hubungan Dukungan Sosial dengan Self Regulated Learning pada Siswa SMA Yayasan Perguruan Bandung Tembung. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 103–113.

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Laird, T. F. N. (2014). College Students ’ Experiences with Diversity and Their Effects on Academic Self- Confidence , Social Agency , and ..., (September). https://doi.org/10.1007/s11162-005-2966-1

Maslihah, sri. (2011). Studi tentang hubungan dukungan sosial, penyesuaian sosial di lingkungan sekolah dan prestasi akademik siswa SMP IT assyfa boarding school subang jawa barat. Jurnal Psikologi, 10 (2), 103–114.

Pintrich, P. R. (1999). The role of motivation in promoting and sustaining self-regulated learning. International Journal of Educational Research, 459–470.

Putri. (2016). Hubungan antara dukungan sosial dan flow akademik dengan prestasi belajar matematika siswa SMA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 5(1), 1–21.

Sander, P., & Sanders, L. (2003). Measuring confidence in academic study : A summary report.

Sander, P., & Sanders, L. (2009). Measuring academic behavioural confidence : the ABC scale revisited, 34(1), 19–35. https://doi.org/10.1080/03075070802457058

Sarafino, E. P. (2008). Biopsychosocial Interactions. sixth edition. USA: John Wiley & Sons.

Siregar, L. M. (2016). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan kesulitan belajar. Psychopedia, 1(1), 49–55.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Swediati, N. (2001). Perlukah uji asumsi statistik dilakukan? Buletin Psikologi, (1), 23–28.

T, A. M., & Shalini, J. F. (2013). Assessing the Academic Behavioral Confidence of the Secondary School Students. Journal of Humanities and Social Science, 8(1), 41–45.

Vandini, I. (2015). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Formatif, 5(3), 210–219.

Zimmerman, B. J., & Zimmerman, B. J. (2015). From cognitive modeling to self-regulation : a social cognitive career path. Educational Pshychologist, (July 2013). https://doi.org/10.1080/00461520.2013.794676




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.14.1.84-93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat