Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Al Fattah Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil analisis kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII-C di SMP Al Fattah Semarang dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi barisan dan deret aritmetika ditinjau dari kemampual awal matematis siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan representasi tinggi, dapat dikategorikan sangat baik; (2) kemampuan representasi matematis siswa kelompok sedang, dapat dikategorikan baik; dan (3) kemampuan representasi matematis siswa kelompok rendah, dapat dikategorikan kurang. Hal-hal yang mempengaruhi kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematis siswa diantaranya: (a) kurang teliti pada proses perhitungan; (b) belum memahami materi atau konsep barisan dan deret aritmetika; (c) belum dapat menggunakan representasi simbol; (d) menganggap representasi verbal tidak dibutuhkan; dan (e) masih bingung dan ragu-ragu menjelaskan jawabannya.
Â
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.3.1.23-36
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Rizki Nurintan Purnama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Kontinu Journal is published by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).
Contact us: GKB, 2nd Floor, FKIP Unissula, Jl. Raya Kaligawe Km.4, Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112.
Email: jurnal.kontinu@unissula.ac.id