Implementasi Model Pembelajaran PQ4R dengan Pendekatan Saintifik pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui desain pembelajaranPQ4Rdengan Pendekatan Saintifik pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan untuk mengetahui keefektifan implementasi model pembelajaran PQ4R dengan Pendekatan Saintifik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematissiswa. Metode penelitian ini adalah metode kombinasi model concurrent embedded. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan validasi. Data kualitatif dianalisis dengan model Miles and Huberman. Analisis data kuantitatif yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji instrumen tes, uji ketuntasan, uji banding, dan uji pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) desain model pembelajaran PQ4R dengan Pendekatan Saintifik yang dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 39 Semarang pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan enam tahapan dan (2) implementasi model pembelajaran PQ4R dengan Pendekatan Saintifik efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalahmatematis siswa.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.1.2.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jejen Wijayanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id