Pengaruh Math-Tainment Berbasis Multimedia Terhadap Pemahaman Materi Trigonometri Kelas X SMA Negeri 1 Trenggalek
Abstract
Ilmu pengetahun dan teknologi terutama pada jaman modern ini mengalami banyak perubahan yang sangat cepat, sedangkan cara mengajar dikelas masih saja sulit untuk mengalami perubahan yang signifikan. Artikel ini membahas tentang penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia atau disebut math-tainment. Dimana penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Melalui penelitian ini diharapkan dapat merubah cara mengajar yang terkesan monoton dari tahun-tahun sebelumnya, dan pemberdayaan media yang tersedia. Penelitian ini pun bersifat longitudinal (bertahap) karna selain untuk menguji media yang digunakan, juga untuk mengukur keefektifan media sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh pengguna. Media yang digunakan juga bersifat multimedia seperti halnya powerpoint, macromedia flash, dan lainnya yang besifat multimedia. Dalam penyusunan medianya juga kita harus mengutamakan kejelasan dalam tampilan, dan kesingkronan dalam materi yang disampaikan. Perubahan dalam cara mengajar ini, sangat dianjurkan selama perubahan ini bisa menarik minat belajar anak dan mempermudah anak memahami sesuatu yang dipelajari.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.3.1.51-63
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Moch Fachrish Rizha Zhamzhamy, Dian Septi Nur Afifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Kontinu Journal is published by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).
Contact us: GKB, 2nd Floor, FKIP Unissula, Jl. Raya Kaligawe Km.4, Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112.
Email: jurnal.kontinu@unissula.ac.id