Pengaruh strategi komunikasi pemasaran Starbucks Card terhadap loyalitas konsumen (Studi Pada Konsumen Berstatus Mahasiswa PT. Starbucks Coffee di Kota Bandung)
Abstract
Loyalitas memiliki peranan penting demi majunya suatu perusahaan khususnya dalam persaingan industri kedai kopi saat ini. Perusahaan menerapkan berbagai strategi komunikasi pemasaran demi mempertahankan konsumennya dalam menggunakan produk dan jasa. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh strategi komunikasi pemasaran Starbucks Card terhadap loyalitas konsumen berstatus mahasiswa di kota Bandung. Penelitian ini melakukan teknik sampling yang akan digunakan yaitu dengan cara non-probability sampling dikarenakan tidak adanya data sekunder yang menjelaskan secara tepat jumlah konsumen yang menggunakan Starbucks Card sehingga jumlah sampel yang dimiliki yaitu 105 responden. Berdasarkan dari hasil data pengolahan, dapat dilihat bahwa sub variabel yang paling berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen yaitu promosi penjualan, personal selling serta direct marketing dan pemasaran via internet yang berada pada kategori baik. Strategi komunikasi pemasaran yang telah dilakukan oleh Starbucks Coffee guna meningkatkan loyalitas konsumen dalam menggunakan kartu member Starbucks telah berjalan dengan baik dan memiliki respon yang baik oleh para penggunanya sehingga saran yang dapat diberikan yaitu mempertahankan hal tersebut agar dapat mempertahankan konsumen yang loyal maupun untuk menarik konsumen baru.
Kata Kunci: Loyalitas Konsumen, Strategi Komunikasi Pemasaran, Starbucks Card, PT. Starbucks Coffee, Mahasiswa.
Â
Â
ABSTRACT
Loyalty has an important role for the sake of growth in a company, especially in the competitive coffee industry nowadays. A company implements variety of marketing communications strategy in order to maintain their customers in using products and services. This research is conducted to examine the influence of the marketing communication strategy of Starbucks Card toward customer loyalty in college student in Bandung. This research's sampling technique uses non-probability sampling due to the lack of secondary data specifying exactly the number of consumers who use the Starbucks Card so the sample sizes are 105 respondents. Based on the results of data processing, it can be seen that the sub-variables that have the most positive effect on customer loyalty are sales promotion, personal selling, direct marketing and marketing via the internet which are among good categories..Marketing communications strategy that has been done by Starbucks Coffee to increase consumer loyalty in using Starbucks Card has gone well and has a good response by the users so the suggestion that can be given is to retain it in order to maintain loyal customers and to attract new customers.
Keywords: Consumer Loyalty, Marketing Communications Strategy, Starbucks Card, PT. Starbucks Coffee, College Student.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditia. R, Cakra. 2011. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Konsumen. Skripsi. Universitas Indonesia, Depok.
Arini, Nimas. N. D. 2013. Setelah 11 Tahun, Starbucks Luncurkan Starbukcs Card.http://swa.co.id/swa/business-strategy/setelah-11-tahun-starbucks-luncurkan-starbucks-card. 06 September 2016.
Bajari, Atwar. 2015. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Caesario, S. 2012. Rancangan Program Komunikasi Pemasaran Terpadu Starbucks Coffee Indonesia Periode 2013. Skripsi. Universitas Indonesia, Depok.
Darmawangsa, B. A.A., I. Gusti. A. K. S.A. 2015. Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud 4(8): 2163-2175.
D. Uncles, M., Grahame. R. D., Kathy. H. 2003. Customer Loyalty and Customer Loyalty Programs. Journal of Consumer Marketing 20(4): 294-316.
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty. Jakarta: Erlangga.
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Hallowell, R. 1996. The Relationship of Customer Satisfaction, Customer Loyalty, and Profitability: an empirical study. Harvard Business School: 27-42.
Imasari, K. dan Kezia. K. Kurniawan. 2011. Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT BCA Tbk. Fokus Ekonomi (FE) 10(3): 183-192.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2012. Principles of Marketing Fourteenth Edition. England : Pearson Education Limited.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. England : Pearson Education, Inc.
Limakrisna, N. 2008. Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Kerelasian Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Ekonomi Bisnis 13(1): 68-79.
L. Duffy, Dennis. 2003. Internal and Eksternal Factors Which Affect Customer Loyalty. Journal of Consumer Marketing 20(5): 480-485.
Pratiwi, D.H., Pengaruh Efektifitas Periklanan Terhadap Loyalitas Konsumen IM3. Skripsi. Universitas Telkom, Bandung, Jawa Barat.
Rahmatullah. 2009. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank YXZ Syariah Cabang Bogor). Islamic Finance and Business 4(2): 808-826.
Sedarmayanti. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: Mandar Maju.
Stella V.K, Angeline. 2014. Strategi Komunikasi Pemasaran KICK dalam Meningkatkan Brand Equity. Skripsi. Universitas Telkom, Bandung, Jawa Barat.
Sulaksana, Uyung. 2003. Integrated Marketing Communication. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran.Bandung : PT Remaja Rosdakarya..
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian. Bandung : PT Refika Aditama
Sudaryono. 2014. Perilaku Konsumen. Jakarta : Lentera Ilmu Cendikia.
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori & Terapan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.
Susanty, A. dan Eirene. 2015. The Relationship between Brand Equity, Customer Satisfaction and Brand Loyalty on Coffee Shop: Study of Exelso and Starbucks. Asean Marketing Journal 7(1): 14-27.
Starbucks.co.id. 05 Oktober 2016
Wibisono, Dermawan. 2013. Panduan Penyusunan Skripsi, Tesis dan Disertasi. Yogyakarta : C.V Andi Offset
Wahyu. 2011. Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor : PT IPB Press
Wibowo, H.S., Uud, W., Pramono, B. 2012. Strategi Komunikasi Pemasaran Website www.bandungreview.com. Jurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran 10(3): 1-13.
Wijaya, Serli. Thio, S. 2008. Implementasi Membership Card dan Pengaruhnya dalam meningkatkan Loyalitas Pengunjung Restoran di Surabaya.Eksekutif 5(1): 13-25.
Yustika. A., Desbrina. 2009. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Telkom Flexi. Skripsi. Univeritas Muhammadiyah Malang. Malang, Jawa Timur.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jikm.7.2.1-22
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â