Determinan Kualitas Pengungkapan Laporan Keuangan Dalam Website Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Pemerintah Daerah di Pulau Jawa Tahun 2017)

Danny Setiawan

Abstract


Pemerintah daerah mempunyai kewajiban untuk mengungkapkan hasil kinerjanya memalui laporan keungan setiap periode dan mempublikasikannya sesuai peraturan yang sudah ditetapkan. Kualtas informasi dan tingkat pengungkapan laporan keuangan dalam website pemerintah daerah memerlukan transparansi dari pemerintah daerah dalam pelaporan laporan keuangannya dikarenakan masyarakat memerlukan informasi tersebut agar dapat mengetahui kondisi keuangan masing-masing pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisi pengaruh belanja daerah, umur administratif, kekayaan daerah, pendapatan per kapita, Devt to Service Coverage Ratio (DSCR), pendapatan asli daerah, dan opini audit terhadap kualitas pengungkapan laporan keuangan dalam website pemerintah daerah. Objek penelitian ini adalah laporan keuangan 30 pemerintah daerah di pulau jawa tahun 2017. Laporan keuangan diperoleh langsung dari website masing-masing pemerintah daerah. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan per kapita terbukti berpengaruh negatif signifikan terhadap kualitas pengungkapan. Sedangkan belanja daerah, umur administratif, kekayaan daerah, Devt to Service Coverage Ratio (DSCR), pendapatan asli daerah dan opini audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas pengungkapan laporan keuangan dalam website pemerintah daerah.  
 
Kata kunci : Belanja daerah, Umur Administratif, Kekayaan Daerah, Pendapatan per Kapita, DSCR, Pendapatan Asli Daerah, dan Opini Audit

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.