Analisis Diskriminan Pada Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan BPJS Kesehatan Menggunakan Software R
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa terkait kepuasan masyarakat terhadap pelayanan BPJS Kesehatan di Kabupaten Pemalang. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna BPJS Kesehatan dengan menggunakan jumlah sampel yang diambil sebanyak 50 responden. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kepuasan masyarakat pengguna BPJS Kesehatan Kabupaten Pemalang dengan membentuk model diskriminan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pengumpulan data primer menggunakan angket melalui pengambilan sampel proporsional. Kepuasan pelanggan dibedakan menjadi dua kategori yaitu sangat memuaskan, dan kurang memuaskan. Sedangkan variabel yang diduga mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan adalah Pelayanan Administrasi, Keahlian dan Keterampilan Petugas Pelayanan, Teknologi Pelayanan Medis dan Sikap Petugas Pelayanan Terhadap Hubungan Antar Manusia. Setelah ditemukan hasil survei kepuasan masyarakat kemudian dilakukan proses tahap selanjutnya yaitu analisis diskrimian menggunakan Software R untuk membuat model diskriminan linear. Hasil yang diperoleh bahwa model diskriminan linier berhasil dibentuk dengan koefisiensi varibel X1, X2, X3, dan, X4 dengan hasil yang positif. Prediksi klasifikasi menunjukan sebanyak 45 pengamatan tepat dan sebanyak 5 pengamatan salah, dengan ketepatan klasifikasi 90%. Pada uji signifikansi terkait uji wilks menunjukan p-value sebesar 3.208 x 10-7 sehingga H0 ditolak, dimana menunjukan perbedaan signifikansi antar kelompok. Kemudian terkait keberhasilan data dapat dijelaskan bahwa data tidak berdistribusi normal multivariat karena p-value lebih kecil dari α (0,001052623 < 0.05), dan tidak terdapat adanya multikolinieritas antar variabel bebas karena VIV < 0,05. Didapatkan sebuah rekomendasi yaitu pada persamaan diskriminan linier berperan efektif dalam membedakan kelompok-kelompok berdasarkan variabel bebas, dan kemudian perlu adanya perbaikan pelayanan pada administrasi dan teknologi pelayanan medis untuk meningkatkan kepuasan masyarakat.
Kata kunci: Analisis Diskriminan, Kepuasan Masyarakat, Software R
Full Text:
PDFReferences
D. Afrizal, N. Effendi, and P. Handayani, “Upaya Pemberian Pelayanan Publik Di Upt Puskesmas Balai Makam Kabupaten Bengkalis,” J. Niara, vol. 12, no. 1, pp. 69–78, 2019.
F. H. Tazkiya, I. A. D. PW, and R. Damayanti, “Analisis Kualitas Pelayanan, Penanganan Komplain dan Citra Rumah Sakit terhadap Kepuasan Pengguna Kartu Bpjs di Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta,” J. Ilm. Edunomika, vol. 3, no. 02, 2019.
R. Yasira and J. Jamhir, “Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial,” J. Justisia J. Ilmu Hukum, Perundang-Undangan Dan Pranata Sos., vol. 3, no. 2, pp. 276–292, 2019.
E. Murdiyanto, “Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal),” 2020, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UPN” Veteran ….
H. Boky, W. A. Lolo, and I. Jayanto, “Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian Pada Apotek Kimia Farma Di Kota Kotamobagu,” PHARMACON, vol. 10, no. 2, pp. 825–833, 2021.
A. Rizkiana and P. Hendikawati, “Klasifikasi Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Analisis Diskriminan,” Indones. J. Math. Nat. Sci., vol. 38, no. 1, pp. 89–100, 2015.
M. C. Noviolita, P. Isyanto, and A. D. Romli, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Tokopedia Menggunakan Analisis Diskriminan (Studi Konsumen Generasi Y dan Z Pada Masa Pandemi COVID-19),” J. Manaj. dan Bisnis Kreat., vol. 6, no. 1, pp. 23–40, 2020.
U. A. Gani, R. Salasi, R. M. Bambang, and K. Umam, “Analisis diskriminan untuk mengelompokkan negara maju dan negara berkembang dengan metode Fishers,” J. Geuthèë Penelit. Multidisiplin, vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jurti.3.2.106-112
Refbacks
- There are currently no refbacks.