Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Teks Prosedur Kompleks Kelas XII MIPA 3

Irma Apriliyani Rahayu, Sukma Ragil Putra, Evi Chamalah, Sudiyati Sudiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XII MIPA 3 di SMA N 06 Semarang melalui penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Strategi ini diterapkan dalam konteks Kurikulum Merdeka yang mendorong pengajaran berbasis kebutuhan individu peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan non-tes, yang kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi secara signifikan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Pada siklus 1, ketuntasan belajar mencapai 77,8%, dan meningkat menjadi 94,5% pada siklus 2. Aktivitas belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan dari kategori cukup aktif menjadi aktif. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi terbukti efektif dalam mengakomodasi keragaman karakteristik peserta didik, sehingga mampu menciptakan pembelajaran yang lebih inklusif dan bermakna.


Keywords


Pembelajaran berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, aktivitas belajar, hasil belajar, penelitian tindakan kelas.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2019).”Prosedur Penelitian”. Jakarta: Rineka Cipta.

Elrico, M. S., & Fanan, M. A. (2023). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 10(2), 148–169.

Haerazi, H., Rahman, A., Irawan, L. A., Jupri, J., Jumadil, J., Arrafii, M. A., & Wahyudiantari, N. W. P. (2023). Pelaksanaan Asesmen Diagnostik Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tingkat SMP Negeri dan SMA Negeri: Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Kab. Lombok Tengah. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(2), 487–497. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i2.1211

Hamdani, M. I. I. (2023). STUDI ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA BAITUL ARQOM BALUNG KABUPATEN. Dalam Jurnal Sandhyakala (Vol. 4, Nomor 1).

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48

Kamal, S. (2021). IMPLEMENTASI_PEMBELAJARAN_BERDIFERENSIAS (1). Jurnal Pembelajaran dan Pendidik, 1(Vol. 1 No.1).

Banggo, Y. M. (2023). ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA BAHASA INDONESIA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(Vol 11 No 1), 74–78.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.11.1.74-78

Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Sulastini, R. (2023). 4589-16337-1-PB. Jurnal Ilmial Mandala Education, 9 No 1, 312–318.

Mukromin, A. M., Kusumaningsih, W., & Suherni, S. (2024). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Kolaboratif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1485–1499. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7430

Petriah, R. A., Nyoman Gita, I., & Matematika, J. P. (t.t.). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE. Dalam IJI (Vol. 1, Nomor 1).

Sari, O. K., & Umami, N. (2023). KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi pada Guru Kelas X). ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 866–871. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.766

Simanjuntak, H., Sembiring, E. L. B., & Panggavean, S. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan 2023/2024. Journal of Social Science Research, Vol 3 No 5, 487–495.

Sopiansyah, D., & Masruroh, S. (2021). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458

Tomlinson, C. A. . (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Association for Supervision and Curriculum Development.

Tugiran, A. (2021). JP-SA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DI KELAS X-MIPA SMA NEGERI 16 SEMARANG. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 1, 218–229.

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Wulandari, G. A., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Efektivitas Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 433–448. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-5

Yuliati, C., Wulan, S., & Hapidin, H. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 969–980. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.567




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v5i1.41142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id