Analisis Kemampuan Matematis Mahasiswa pada Bilangan Kompleks Melalui Perspektif Barisan dan Deret

Hani Khoirunnisa, Emi Rahmawati, Moch Ali Husein, Umi Mahmudah

Abstract


Masalah barisan sebenarnya sudah sejak zaman Yunani kuno muncul sebagai salah satu masalah yang menarik perhatian. konsep barisan yang kita kenal dalam matematika mulai banyakdibicarakan orang, yaitu sejak seorang ahli filsafat Yunani yang bernama Zeno mengemukakan suatu krisis dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahamanmahasiswa Tadris Matematika UIN K. H Abdurrahman Wahid terhadap konsep bilangan kompleks dalam konteks barisan dan deret. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis literatur sebagai cara
untuk mengumpulkan data. Populasi yang diteliti adalah mahasiswa Tadris Matematika UIN K. H Abdurrahman Wahid. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap bilangan kompleks dalam perspektif barisan dan deret.


Keywords


Bilangan Kompleks, Barisan, Deret

Full Text:

PDF

References


Rusdiantoro, A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas XII SMA Negeri 6 Semarang. Jurnal Pendidikan Sultan Agung. 1(1),hal.1-9.

Abdillah, Fahri. 2018. Matematika Kelas 11 | Barisan dan Deret Geometri: Rumus Un, Sn, dan Jenis-Jenis Deret Geometri Tak Hingga.

Alfiyah, Nur dan Tatag Yuli Eko Siswono. Identifikasi Kesulitan Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. vol. 3(2), pp.131–138.

Fitria, Lia, dkk. Analisis Hubungan Antara Kesadaran Metakognisi Dengan Hasil Belajar Matematika Dan IPA Siswa SMA Di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. Vol. 6(1). pp.147- 155.

Khoiriyah, Siti. (2011). Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika di Kelas VIII MTs Ma’arif NU Ngaban Tanggulangin. Skripsi. Surabaya: Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel.

Novita, Tanti, dkk. Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Dalam Pembelajaran Matematika Berorientasi Rejang Rebong. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 3(1). pp.41–54.

Widadah, Soffil, dkk. Profil Metakognisi Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Vol. 1(1). pp.13-24.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v4i2.37746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id