Perencanaan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Kediri
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahid, N., & Sufirmansyah, S. (2022). the Implementation of Merdeka Belajar Policy in East Java. Didaktika Religia, 10(1), 149–168. https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4121%0Ahttps://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/didaktika/article/download/4121/1697
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Anisa, D. L. N. (2022). IMPLEMENTATION OF INDEPENDENT LEARNING CURRICULUM AS A 21st CENTURY LEARNING MODEL IN HIGHER EDUCATION. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 233–248. https://doi.org/10.14421/manageria.2022.72-15
Ardini, P. P. (2021). Book Chapter: Pedagogi dalam Perspektif Pembelajaran di Era Society 5.0 (Y. Juniarti (ed.)). Yayasan Sahabat Alam Rafflesia.
BSKAP, K. (2022a). Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. In Kemendibudristek (Issue April). Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. https://pascaldaddy512.com/kurikulum-operasional-satuan-pendidikan-kosp/
BSKAP, K. (2022b). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. In Kemendibudristek. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
Direktur KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, K. R. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. In Kementrian Agama Republik Indonesia. Kementrian Agama Republik Indoneisa. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Hidayani, M. (2018). Model Pengembangan Kurikulum. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 375. https://doi.org/10.29300/attalim.v16i2.845
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Lewy, A. (1983). Merencanakan Kurikulum Sekolah. UNESCO.
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar†di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Mukhtar, R. (2015). Rencana pengembangan sekolah. Manajer Pendidikan, 9(3), 386–393. https://www.mendeley.com/catalogue/c184474d-3aa8-3827-86dd-578ddb9f5204/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B18c3c7fc-fc76-47f8-a573-f304f19f86bf%7D
Muslimin, I. (2023a). MERDEKA BELAJAR PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM : STUDI KASUS DI MADRASAH SE-JAWA TIMUR. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 31–49.
Muslimin, I. (2023b). Pengembangan kurikulum pendidikan karakter di madrasah berbasis kurikulum merdeka. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 5(1), 108–130.
Panginan, V. R., & Susianti. (2022). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1), 9–16.
Puskur Dikbud Ristek. (2022). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. In Kajian Akademik. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
Rau, D. W., Rotty, V. N. J., Usoh, E. J., Lalamentik, J., & Tuerah, R. M. S. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Membentuk Karakter Peserta Didik yang Berorientasi pada Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Fakultas Ekonomi, 11(4), 870–875.
Saefullah, U. (2012). Manajemen Pendidikan Islam (p. 332). Pustaka Setia.
Siamat. (2003). Manajemen Lembaga.
Siti Farikhah; Wahyydhiana. (2015). Manajemen Pendidikan (p. 384).
Usanto, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Cakrawala Repositori IMWI, 5. https://www.cakrawala.imwi.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/142
Yaqin, N. (2016). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. In Madinah: Jurnal Studi Islam (Vol. 3, Issue 2). http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/madinah/article/view/178
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.134-143
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id