Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 3 Sleman Yogyakarta

Nuriawati Nuriawati, Muh. Wasith Achadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka belajar pada pelajaran al-Qur’an hadis di MAN 3 Sleman Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Sleman pada kelas X yang terdiri dari 10 kelas. Subyek penelitian yaitu guru pelajaran al-Qur’an hadis. Dari hasil yang ditemukan bahwa Madrasah Aliyah Negeri 3 Sleman sebagai salah satu piloting Kurikulum Merdeka untuk wilayah kabupaten Sleman DIY, dimana metode yang digunakan dalam proses pembelajaran Kurikulum Merdeka salah satunya menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek. Metode ini disebut Problem Based Learning (PBL) untuk lebih meningkatkan kemampuan berpikir kritis menumbuhkan inisiatif siswa dalam bekerja, memotivasi dan mengembangkan hubungan interpersonal dalam kelompok. Namun, pada pelajaran Al-Qur’an Hadis materi yang disampai masih sama dengan materi kurikulum 13, jadi tidak ada perubahan. Sehinga bisa dikatakan implementasi kurikulum merdeka di MAN 3 Sleman pada pelajaran Al-Qur’an Hadis belum sepenuhnya terimplementasikan.


Keywords


Kurikulum Merdeka, Al-Qur’an Hadis, Merdeka Belajar.

Full Text:

PDF

References


Alawiah, T. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka 2013 pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Pada Tingkat Dasar Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri 1 Manggarai. Ta’lim, Volume 1.

Anggito, A. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif.

Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pendidikan Kepada Masyarakat, Vol 2 No.

Hikmahwati. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Basicedu, volume 6 N.

Khairurrijal. (2021). Pengembangan Kurikulum Merdeka.

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam.

Nasution. (2014). Asas-Asas Kurikulum.

RI, J. B. (2022). peraturan pemerintah No. 55 tahun 2007, tentang pendidikan agama dan pendidikan keagamaa.

Sadat, F. A. (2022). Penilaian dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Atsar Unisar, Vol. 2 No.

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif.

Sleman, M. A. N. 3. (2022). "Implementasi-Metode-bpl-dalam Kurikulum-Merdeka. Http://Sleman.Kemenag.Go.Id/.

Suryaman, M. (2018). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Unib, Volume 2,.

Wiyani, N. A. (2012). Ilmu Pendidikan Islam.

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kuantitatif. Media Perkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.144-152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id