Pendidikan Islam Ferspektif Imam Al Ghozali

Siti Fatimah, Siti Umi Hani, Bunga Septria Vionita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pendidikan islam menurut Imam Al Ghozali dan dapat menerapkannya dalam proses pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif studi kepustakaan dengan mengumpulkan sumber data primer berupa buku, jurnal dan artikel mengenai topik pendidikan islam menurut Imam Al Ghozali. Hasil dari penelitian bahwa pendidikan islam menurut Imam Al Ghozai yaitu menghilangkan ahklak buruk dan menanamkan ahklak yang baik yang dilakukan dengan sistematis untuk melahirkan perubahan pada tingkah laku manusia dan sentral dalam pendidikan menurut Imam Al Ghozali yaitu hati.


Keywords


Pendidikan Islam, Imam Al Ghozali

Full Text:

PDF

References


Abuddin, N. (2003). Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

AL-GHAZALI, I. (n.d.). METODE PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PERSPEKTIF.

Busroli, A. (2019). Pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam al-Ghazali dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia. AT-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 71–94.

Daulay, H. P. (2014). Pendidikan Islam dalam perspektif filsafat. Kencana.

Dien, C. N. (2021). PENDIDIKAN AKHLAK DAN KARAKTER MENURUT AL-GHAZALI. Al-Fathanah, 1(2, Oktober).

Fadli, A. (2017). Konsep Pendidikan Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Sistem Pendidikan Di Indonesia. El-Hikam, 10(2), 276–299.

Gunadi, I. (2017). Konsep Etika Menurut Franz Magnis-Suseno. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Hasanah Putri Siregar, R. (2021). KOMPARASI METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN KH AHMAD DAHLANDAN IMAM AL-GHAZALI. UIN Bengkulu.

Ismail, I. (2017). Konsep Etika Guru Dan Murid Dalam Persfektif Al-Zarnuji Dan Iman Ghazali Kitab Ta’limul Mutaalim Dan Ihya Ulumuddin. UIN Raden Intan Lampung.

Kartono, K. (1998). Pengantar metodologi research. Alumni, Bandung.

Khan, S. A. (2005). Filsafat Pendidikan Al-Ghazali. Bandung: Pustaka Setia.

Kholiq, A. (2021). Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Ghazali dalam Kitab Ihya’Ulumuddin. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 42–62.

Mahmud, P. P. I. (2011). Cet. I: Bandung: CV. Pustaka Setia.

Muliati, I., & Rezi, M. (2018). Tujuan pendidikan dalam lingkup kajian tafsir tematik pendidikan. ISLAM TRANSFORMATIF: Journal of Islamic Studies, 1(2), 177–190.

Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 23–42.

Suriadi, M. A., & Supriyatno, H. T. (2021). Profesionalisme Guru Berbasis Religius. Literasi Nusantara.

Tholkhah, I., & Barizi, A. (2004). Membuka jendela pendidikan: mengurai akar tradisi dan integrasi keilmuan pendidikan islam/Imam Tolkhah.

Umar, H. (2013). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis.

Wiyono, D. F. (2017). Pemikiran Pendidikan Islam: Konseptualisasi Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Intelektual Islam Klasik. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 164–179.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v3i1.29353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id