Efektivitas Metode Blended Learning dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Kompetensi Menulis Narative Text pada Siswa SMK Negeri 3 Kendal

Joko Pamuji Rahayu

Abstract


Penerapan  pembelajaran dengan metode blended learning sangat penting dilakukan pada masa pandemik sekarang ini karena pembelajaran dengan pengabungan pembelajaran dengan online atau daring dan offline atau luring diharapkan mampu meningkatkan pola belajar siswa dalam memahami vocabulary mata pelajaran bahasa Inggris pada materi narrative text. Best practice ini merupakan penelitian dengan pendekatan expost de facto. Pengambilan data melalui tes dan observasi. Hasil temuan menunjukkan kegiatan pembelajaran dengan blended learning pada mata pelajaran bahasa Inggris pada materi narrative text dapat memberikan dampak yang signifikan karena siswa dapat berlatih membuat kalimat  naratif dengan cara diskusi kelompok secara aktif. Sswa dapat memecahkan masalah yang diberikan secara berkelompok sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Efektifitas blended learning, bahasa inggris, narrative text

Full Text:

PDF

References


Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Disekolah Dasar. Jakarta: departemen pendidikan nasional dierktorat jendral pendidikan tinggi direktorat ketenagaan.

Abbott, dkk. (2010). An evaluation of the precision of measurement of Ryff’s psychological well-being scales in a population sample. Springer, 97: 357- 373

AGB Nielsen. 2008, Juni. Remaja Punya Tontonan : Olahraga, Musik dan Film. Newletter , hal. 1.

AGB Nielsen. 2008, Februari. Sinetron Remaja Terlalu Mengkhayal. Newsletter, hal. 3

Burhan, Nurgiyantoro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Akhadiah, dkk. 2012. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Dwiyogo (2012) Wasis D. 2016. Pembelajaran berbasis blended learning (model rancangan pembelaajaran). Malang : Wineka Media

Gebhardt dan Dawn Rodrigues. 1989, The Cambridge Encyclopedia of Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Gerot, Linda and Wignell, Peter, Making Sense of Functional Grammar, Sydney: Gerd Stabler, 1994.

Harmer, Jeremy. (2007) The Practice of English Languange Teaching, Fourth Edition. Pearson Longman: harlow.

H. Dalman, (2014). Keterampilan Menulis . Jakarta: PT. Raja Grafindo

Husamah (2014) (Dwiyogo dalam Husamah, 2014 : 12).

Thorne (dalam Husamah, 2014 : 12 Teknologi Blended learning Pengaruh pembelajaran bauran (blended learning) terhadap motivasi siswa pada materi relasi dan fungsi

Mosa (dalam Rusman, 2011) Rusman, dkk (2011) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan. Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali.

Olga Kokoulina Olga Kokoulina All articles by this author (13 September 2021)

Thorne (2013) Blended Learning: How to Integrate Online and Traditional Learning. USA: Kogan Page Limited

White, Fred.D. 1986. The Writer’s Art A Practical Rhetoric and Handbook, California:

Wasis D. 2016. Pembelajaran berbasis blended learning (model rancangan pembelaajaran). Malang : Wineka Media




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v3i1.29096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id