Penggunaan Zoom Meeting Terintegrasi Google Classroom pada Pembelajaran Geografi

Sayono Sayono

Abstract


Pembelajaran geografi secara daring menggunakan platform Google Classroom menunjukkan minat belajar dan hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran georgafi menggunakan Google Classroom yang diintegrasikan dengan Zoom Cloud Meetings. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan instrument pengumpulan data berupa tes berupa soal pilihan ganda dan nontes berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dan hasil belajar peserta didik baik pada siklus pertama maupun siklus kedua.

Keywords


zoom cloud meetings, pembelajaran geografi daring, penelitian tindakan kelas

Full Text:

PDF

References


Dewantara, J.A. & Nurgiansah, T.H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI. Jurnal Basicedu, 5(1), 367-375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Panduan Implementasi Keterampilan Abad 21 Kurikulum 2013 di SMA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Djalal, F. (2017). Optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan, strategi, dan model pembelajaran. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1). https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/view/115

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66-79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69-80. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893

Kurniasi, A., Zid, M., & Sya, A. (2022). Epistemologi dalam Pembelajaran Geografi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 139-144. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2737

Lodan, G. (2020). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Geografi Konsep Pedosfer Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri I Maumere. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 1(11), 46-53. Retrieved from https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/159

Mansyur, A. R. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di indonesia. Education and learning journal, 1(2), 113-123. https://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/eljour/article/view/55

Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25-50. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rohimat, S. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring di SMA Negeri 6 Kota Serang Pada Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 3(2), 90-97. DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v3i2.2088

Rohimat, S., Susilo, D., & Iswarni, I. (2021). Webinar mengemas hasil penelitian menjadi artikel jurnal ilmiah untuk guru kimia. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 64-74. DOI: https://doi.org/10.47080/abdikarya.v3i1.1292

Sadikin, A. & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(02), 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Samsu. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusaka Jambi.

Silaen, N. E., & Syofra, A. H. (2020, October). Studi Literatur: Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Di Tengah Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan. http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/semnasmudi/article/view/1534

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01). DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Wijayanti, D., Anwar, S., Khairani, K., & Sukhaimi, N. (2022). Implementasi Inovasi Pembelajaran Geografi Tingkat SMA Dalam Kurikulum 2013. Journal on Education, 4(2), 837-843. https://doi.org/10.31004/joe.v4i2.496

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v3i1.26875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id