TERAMPIL BERHITUNG CEPAT DENGAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA SEKOLAH DASAR

Tri Wisnu Wardani

Abstract


 Penelitan eksperimen ini menggunakan desain one-shot case study, yaitu sebuah yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding dan juga tanpa adanya tes awal. Penelitian yang dilaksanakan di kelas V Sekolah Dasar Ngabean 1 Kabupaten Kendal pada tahun ajaran 2019/2020. Pembelajaran matematika menggunakan metode drill (latihan). Pengumpulan data diperoleh melalui tes berhitung cepat yaitu perkalian dua bilangan dengan dua angka  yang terbagi dalam 2 kali tes yaitu tes I  ada 10 soal dan tes II ada 10 soal. Penilaian meliputi kecepatan (waktu) menyelesaikan tes dan perolehan skor hasil tes. Rata-rata skor pada tes akhir dikonsultasikan dengan standar KKM sebesar 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pada tes I siswa memiliki keterampilan berhitung dalam menyelesaikan soal perkalian dua bilangan dua angka dengan kecepatan rata-rata  51 detik per soal. Pada tes II siswa telah mencapai kecepatan rata-rata  42 detik per soal. Sedangkan, rata-rata akhir kemampuan berhitung siswa kelas V sebesar  88,95, dengan kriteria sebesar 84,2 % telah mencapai atau melampaui KKM dan sebesar 15,8% siswa belum mencapai KKM.


Keywords


Berhitung cepat, drill, terampil berhitung, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Anggani Sudono, 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta. Grasindo

Fatmawati, N. (2014). Pembelajaran motorik kasar melalui permainan sirkuit warna. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 325-336.

Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kusmaryono, I., Suyitno, H., Dwijanto, D., & Dwidayati, N. (2019). The effect of mathematical disposition on mathematical power formation: Review of dispositional mental functions. International Journal of Instruction, 12(1), 343-356. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12123a

Kusmaryono, I., & Kusumadewi, R.F. (2013). Terampil Berhitung Melalui matematika Kreatif. Semarang: Unissula Press. ISBN: 978-602-7525-60-3

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM, Inc.

Rahayu, S.I., Budiyono, & Kurniawan, H. (2015). Keterampilan Berhitung Matematika Siswa Kelas V SD/MI Di Desa Gadingrejo Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. Ekuivalen, 2 (1), 115-118.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Algensindo.

Sukamti, E.R. & Hidayat, I.T. (2010). Pertumbuhan Anak Usia Dini. Jorpres (Jurnal Olahraga




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i2.15625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Sultan Agung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id