PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 KENDAL PADA MATA PELAJARAN PKK MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING

Tuswuri Handayani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas siswa  dalam pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) melalui Model Project Based Learning pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 3 Kendal tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kreatifitas pada siklus 1 mencapai 65,17% dan siklus 2 mencapai sebesar 84,83%. Sehingga terdapat peningkatan kreatifitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 dengan peningkatan sebesar 19,66%.   Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 dan siklus 2, serta pembahasan penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan secara signifikan kreativitas siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 3 Kendal pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learing. Tingkat kreatifitas siswa dapat mencapai kategori baik, dengan skor peningkatan mulai dari 6,25 sampai 25,0.


Keywords


Kreatifitas Siswa, Project Based Learning, PBL

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.

Kamisah, Mukhaiyar, Desmawati Radjab. (2013). Improving Student’s Speaking Skill Trough Project Based Learning Technique at Class III-B of Third Semester Student’s. Journal English Language Teaching (ELT), 1(3), 95-105.

Stemberg J Robert dan William M Wendy (1996). How to Develop Student Creativity. Alexandria Virginia. Association for Supervision and Curriculum Development.

Savery, J. R. (2006). Overview of problem-based learning: Definitions and distinctions. The Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 9–20.

Suharsimi Arikunto. (2015). Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara

Utami Munandar. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak berbakat . Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i2.15623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Sultan Agung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id