EFEKTIVITAS MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X

Dede Indriany Rahmawati, Ade Hasanudin, Mustamil Mustamil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media gambar dalam pembelajaran menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMK PGRI Jatibarang. Media gambar dianggap sebagai alat bantu yang menarik dan interaktif, terutama dalam merangsang minat dan kreativitas siswa dalam menuangkan ide secara tertulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu X AKL 2 sebagai kelas eksperimen dan X TKJ 2 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 25 siswa. Data diperoleh melalui observasi serta tes pretest dan posttest. Hasil pretest menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas setara, dengan rata-rata nilai 61,80. Setelah pembelajaran, terjadi peningkatan hasil belajar pada kedua kelas, namun kelas eksperimen menunjukkan hasil lebih tinggi dengan rata-rata 83,00 dibandingkan kelas kontrol yang mencapai 73,20. Hasil uji t menunjukkan adanya perbedaan signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar efektif meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot.


Keywords


Media Gambar; Menulis; Teks Anekdot

References


Al Azmi, F., Arsandi, A., Diana, N., & Awaliyah, L. (2023). Pemanfaatan Media Gambar Berbahasa Arab (Index Card Match) dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Modern Ar-Rifaie’ 2, Malang. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 54–69. https://doi.org/10.18196/mht.v5i1.16707.

Arifin, S., & Ilyas, H. P. (2022). Pelatihan Penulisan Paragraf Deskriptif bagi Siswa Menengah Atas Muhammadiyah Cileungsi. Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 32-38. https://doi.org/10.58471/pkm.v1i02.279.

Astuti, H. D. J., Suharto, V. T., & Hadi, P. K. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Media Komik Strip untuk meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Kelas X Multimedia SMK Cendekia Madiun Tahun Pelajaran 2023/2024. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 3(2), 261–270.

Febriyanto, B. F., Anggraeni, S. W., & Yonanda, D. A. (2023). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1519-1528. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.5647.

Hadi, S. (2023). Optimalisasi Pembelajaran Digital: Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis di Kalangan Siswa pada Pembelajaran Daring. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(3), 591–606. https://doi.org/10.60126/maras.v1i3.106.

Haryani, N., & Syamsiyah, N. (2021). Animasi Wayang sebagai Modifikasi Media Pembelajaran Teks Anekdot Kelas X SMA. MEDIASI-Junrnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 2(2), 136–149.

Hasnaliah, H. Nuraini, K., Aswadi, A., Hanafi, M., & Yusmah, Y. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Metakognitif SMPs Rahmatul Asri Kabupaten Enrekang. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(2), 122–131.

Hayati, R., & Prima, W. (2023). Model Kooperatif Tipe Picture and Picture dalam Pembelajaran. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 505–512. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1046.

Hilmi, H. S., & Harti, S. (2022). Detil Cerita Humor Yong Dolah dan Pemanfaatanya dalam Perencanaan Pembelajaran Membaca Teks Anekdot: Riset Kepustakaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 235-242. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.30.

Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7360–7367. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3519.

Kartiniwati, K. (2014). Penggunaan Media Gambar untuk Peningkatan Hasil Belajar Bercerita Tema Lingkungan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1–11.

Karyati, F. (2017). Pengembangan Media Gambar dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 3(1), 312–320.

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683.

Malonda, F., Rattu, D. M., & Liando, M. R. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis dalam Pembelajaran yang Menggunakan Media Gambar untuk Siswa Tunarungu SLB Finjili di Pulau Lembeh. Jurnal Onoma: Pendidikan, 8(1), 189–201. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1685.

Maru’ao, E. F., Halawa, S., Lahagu, Y. K., Zebua, F., & Waruwu, L. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dengan Memanfaatkan Media Video pada Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 1 Alasa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2163–2169. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.493.

Mononimbar, W., Tumbel, A., & Woran, D. (2023). Pengaruh System Accessibility, Privacy, dan Efficiency terhadap Customer Satisfication pada Pengguna Aplikasi Traveloka di Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(02), 407–418. https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.48515.

Pamungkas, A. F., Prayitno, H. J., Purnomo, E., Rahmah, M. A., & Hastuti, W. (2023). Peningkatan Literasi dan Numerasi pada Kurikulum Merdeka melalui Program Kampus Mengajar bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 199–208. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i2.143.

Putra, A. N., Andajani, K., & Widyartono, D. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Menyampaikan Kritik Sosial dalam Teks Anekdot melalui Aktivitas Apresiasi Berbasis Proyek Video Sitkom. Jurnal Onoma: Pendidikan, 9(2), 848–870. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2826.

Radinah, F. E., Sibua, S., & Kasim, S. (2020). Kemampuan Menulis Surat Resmi dengan Menggunakan Model Pembelajaran STAD pada Siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 2 Kota Ternate. Cakrawala Bahasa: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, 9(1), 6–11.

Rajaguk-Guk, S. B., Boeriswati, E., & Rohman, S. (2024). Gambaran Keterampilan Menulis Teks Anekdot di Siswa SMK Negeri 5 Penerbangan Waibu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(10), 958–970. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i10.5693.

Rarung, N. A., Ratu, D. M., & Pangemanan, N. J. (2023). Kemampuan Menulis Teks Narasi dengan Menggunakan Model Quantum Learning. Kompetensi, 3(8), 2496–2501. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i8.6459.

Renza, M. A., Affandi, L. H., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan Media Gambar Berseri pada Materi Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 445–451. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.562.

Sadewi, I. S., & Gilang, A. (2018). Pengaruh Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan pada Studi Kasus Kedai Roti Gempol dan Kopi Anjis Bandung. In Search (Informatic, Science, Entrepreneur, Applied Art, Research, Humanism), 17(1), 106-112. https://doi.org/10.37278/insearch.v17i1.51.

Sadiman, A. S. (2006). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sari, L. L. (2018). Perbandingan Kemampuan Teks Anekdot Antara yang Menggunakan Media Gambar Karikatur dengan Menggunakan Media Gambar Meme Siswa Kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu. Wacana: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 16(1), 101-111.

Suryani, A. (2021). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 201–207. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.328.

Syahrudin, D. (2016). Peranan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1). https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2746.

Udayani, E. (2022). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Pemahaman pada Materi Kedudukan dan Fungsi Pancasila Kelas VIII. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.56393/decive.v3i1.1840.

Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. (2018). Keterampilan Menulis Akademik Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4.

Zulni, N., Sartika, R., & Septia, E. (2022). Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 54-63. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.998.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.13.1.9-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).