Pengaruh try out terhadap kelulusan UKNI mahasiswa Profesi Ners

Retno Issroviatiningrum, Kurnia Wijayanti, Yeni Rusyani

Abstract


Pendahuluan: Secara nasional angka kelulusan Uji Kompetensi (Ukom) Ners setiap tahunnya masih tergolong pada kategori rendah. Setiap perguruan tinggi, dalam menghadapi ukom sudah berupaya berbagai cara untuk meningkatkan kemampuan setiap mahasiswanya. Capaian kelulusan uji kompetensi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tingkat keterampilan membaca dan memahami bahasa, bagaimana mahasiswa belajar, indeks prestasi kumulatif akademik, takut dengan mengikuti kegiatan pendampingan yang diselenggarakan oleh institusi, hasil tryout sebelumnya. Upaya percobaan tryout dapat digunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan mahasiswa dalam ujian efisiensi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dilaksanakannya try out internal tehadap kelulusan UKNI. Metode: Design penelitian adalah penelitian pre eksperimant design dengan pendekatan one group pre-test post-test. Jumlah sampel yang digunakan responden teknik sampling yang digunakan total sampling. Hasil: tidak ada pengaruh try out terhadap kelulusan UKNI dengan nilai sig 0,718. Simpulan: Institusi dapat melihat faktor-faktor yang mempengaruhi kelulusan UKNI agar bisa terlihat apa sajakah yang mempengaruhi Kelulusan UKNI, sehingga metode-metode yang dilakukan Prodi kedepan bisa lebih efektif untuk diterapkan.

Keywords


Try out; kelulusan UKNI; Profesi Ners

Full Text:

PDF

References


AIPNI. (2016). Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia 2015. Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia.

AIPNI. (2018). Sinersi Hadirkan Sukses Uji Kompetensi Ners Indonesia. Jakarta: Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia.

Bangun, H. (2020). Pengetahuan Mahasiswa tentang Uji Kompetensi Perawat di Akademi Keperawatan Artakabanjae. Jurnal Darma Agung Husada, 7(2), 45-48

Hafid, R. N. H. (2021). Aplikasi Try Out Uji Kompetensi Berbasis Web BINIUS untuk Mahasiswa DIII Kebidanan. Journal of Borneo Holistic Health, 4(2), 155–160. https://doi.org/10.35334/borticalth.v4i2.2285

Indaryani, I., & Iskandar, S. (2020). Efektivitas Mentoring Uji Kompetensi Terhadap Kelulusan Try Out Uji Komptensi Mahasiswa Diploma Tiga Keperawatan. Journal of Nursing and Public Health, 8(2), 53–58. https://doi.org/10.37676/jnph.v8i2.1186

Lukmanulhakim, & Pusporini, D. L. S. (2018). Analisis Faktor Yang mempengaruhi capaian kelulusan Uji Kompetensi Ners Mahasiswa program Profesi Ners. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 306–320.

Melliasany, N & Perceka, A.L. (2021). Tingkat Kecemasan dan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan dalam Menghadapi Uji Kompetensi Exit Exam. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (2), 255-262

Mushawwir, A., Tahir, T., Kadar, K., Saragih, S. L., & Zuidah. (2020). Evaluate the implementation of educational curriculum and lecturer’s knowledge about the blueprint to the ukni’s graduation rate in South Sulawesi. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(8), 14709–14719. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I8/PR281448

Mushawwir, A., Tahir, T., Kadar, K., Khalid, N., & Ahmar, H. (2019). Gambaran Strategi Program Studi Keperawatan untuk Meningkatkan Kelulusan Mahasiswa dalam Uji Kompetensi: Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 60-68

Syah, D.Z.R., Iskandar, R., & Riyadi, S. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Profesi Ners, Wacana Kesehatan, 2 (2), 180-190

Tahlil, T. (2019). Metode Independent Test Taker dalam Upaya Peningkatan Lulusan Uji Kompetensi Ners. Idea Nursing Journal, 10(1), 15–20.

Yulia Elfiza. (2015). Hubungan antara hasil Ujian Kognitif Try Out Ujian Nasional dengan hasil Ujian Nasional mata pelajaran kimia SMA Kota Banda Aceh Tahun Ajaran 2014/2015.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 1 (3)




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/nurscope.10.1.21-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats