Pelatihan Produksi Video Berbasis Android dan Pelatihan Tiktok Afiliate untuk Mempromosikan Destinasi Wisata Tubing di Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso
Abstract
Desa Beruk di Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, terdapat potensi wisata alam berupa aliran sungai Kali Jlantah yang dimanfaatkan destinasi wisata tubing yang diberi nama Tubing Muslim 06. Untuk meningkatkan promosi destinasi wisata Tubing Muslim 06 diperlukan pelatihan produksi dan editing video berbasis Android dengan menggunakan aplikasi CapCut serta pemanfaatan TikTok Affiliate. Pelatihan tersebut menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dan bertujuan untuk memberdayakan pengelola wisata dalam menciptakan konten kreatif dan efektif, sehingga dapat meningkatkan daya tarik wisatawan dan meningkatkanpendapatan komunitas secara ekonomi. Melalui rangkaian solusi tersebut, diharapkan mitra dapat meningkatkan keterampilan digital mereka dalam produksi video promosi, memanfaatkan TikTok Affiliate sebagai sumber pendapatan tambahan, serta mengembangkan strategi pemasaran digital yang efektif. Dengan implementasi yang tepat, wisata tubing di Desa Beruk dapat semakin dikenal dan menarik lebih banyak wisatawan, sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi lokal.
Beruk Village in Jatiyoso District, Karanganyar Regency, has natural tourism potential in the form of the Kali Jlantah river flow, which is used as a tubing tourist destination called Tubing Muslim 06. To increase the promotion of Muslim 06 Tubing tourist destinations, training in Android-based video production and editing is needed using the CapCut application and the TikTok Affiliate. The training uses the Participatory Action Research (PAR) method, which is oriented towards community empowerment and aims to empower tourism managers in creating creative and compelling content so as to increase tourist attraction and increase community income economically. Through this series of solutions, partners are expected to improve their digital skills in promotional video production, utilize TikTok Affiliate as an additional source of income, and develop effective digital marketing strategies. With proper implementation, tubing tourism in Beruk Village can be increasingly recognized and attract more tourists, thus contributing to local economic growth.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriadi, A. (2024, June 3). Ngadem Seseruan di Tubing Muslim Kali Jlantah Jatiyoso, Ini Rute, Alamat, Jam Buka dan Harga Tiket Masuknya. Karanganyarnews.Pikiran-Rakyat.Com. https://karanganyarnews.pikiran-rakyat.com/wisata/pr-1908167425/ngadem-seseruan-di-tubing-muslim-kali-jlantah-jatiyoso-ini-rute-alamat-jam-buka-dan-harga-tiket-masuknya?page=all
Andhika, A. (2019). Penggunaan Video Promosi Wisata Melalui Youtube Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Ke Provinsi Kalimantan Selatan. MUTAKALLIMIN; Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 26–30. https://dx.doi.org/10.31602/jm.v2i2.3515
Ariyani, L. (2023). Struktur dan Kemandirian Pembiayaan Manajemen Bencana Kawasan Wisata Lereng Gunung Lawu di Kabupaten Karanganyar [Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/101736/
Belza, A. Y. M., Rosario, J. S. R. D., Fowler, A. R. B., Lauron, F. M., Lumabas, A. F. P., & Dellova, R. (2024). Tiktok Herd: A Significance Study in the Tourism Industry. Lacultour: Journal of Language And Cultural Tourism, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.52352/lacultour.v3i1.1383
Crestini, N. (2023). Perancangan Video Promosi Pantai Parang Semar sebagai Tempat Wisata Keluarga. Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi, 3(2), 93–108. https://doi.org/10.33479/sb.v3i2.222
Dewanti, R. P., Ningsih, H., Paryanto, E., & Yudhanto, S. H. (2021). Desain Kemasan Produk UMKM Makanan Ringan sebagai Peningkatan Daya Beli Konsumen Keripik Singkong. UN PENMAS (Jurnal Pengabdian Masyarakat Untuk Negeri), 1(2), 50–56. https://doi.org/10.29138/un-penmas.v1i2.1593
Dewi, S. W. K., Hernawan, Y., & Musafa, M. (2019). Pelatihan Pengembangan Strategi Pemasaran Kopi Palasari Melalui Pembuatan Video Kreatif di Kampung Wisata Edukasi Kopi Palasari Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4976
Fikria, S. (2024, Jumat, Mei). Wisata Karanganyar: Tubing Muslim Kali Jlantah, Hidden Gem Bagi Pecinta Alam dan Petualang yang Rindu Suasana Asri nan Alami. Radarsolo.Jawapos.Com. https://radarsolo.jawapos.com/karanganyar/844662816/wisata-karanganyar-tubing-muslim-kali-jlantah-hidden-gem-bagi-pecinta-alam-dan-petualang-yang-rindu-suasana-asri-nan-alami
Lestari, M. M., Agustin, S. A., & Sayatman, S. (2022). Perancangan Video Promosi Wisata Kota Surabaya dengan Menggunakan Branding Semarak Surabaya. E-Journal SPIRIT PRO PATRIA: Journal of Research-Based Community Service, 8(1), 58–66. https://doi.org/10.29138/spirit.v8i1.2187
Marta, W., & Usman, R. (2023). Mengembangkan Branding Desa Wisata Nyarai Melalui Video Promosi Dengan Teknik-Teknik Editing yang Menarik. JurnalL Abdi Insani, 10(3), 1921–1929. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1101
Nurbaiti, H. R. (2024). Scroll, Discover, Visit: Potential Of Tiktok Media Platform In Boosting Indonesian Domestic Ecotourism And Nature Conservation. Media Konservasi, 29(3), 492. https://doi.org/10.29244/medkon.29.3.492
Nurmasari, N. D., Jazuli, A. M., Nurad, R., & Muthmainna, M. (2023). Peningkatan Online Engagement Melalui Sosialisasi Pembuatan Video Konten Pemasaran dan Media Promosi Digital. Dedikasi Sains Dan Teknologi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 206–211. https://doi.org/10.47709/dst.v3i2.3229
Pamungkas, A. (2022). Narasi dan Representasi Kearifan Lokal dalam Video Promosi Pariwisata The Heartbeat of Toba. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 8(3), 278–297. https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i3.5624
Prayoga, D. E. T. (2023, March 3). Prodi D3 DKV Sekolah Vokasi UNS Kembangkan Destinasi Wisata di Dusun Pondok, Desa Beruk Jatiyoso, Karanganyar. Vokasi.Uns.Ac.Id. https://vokasi.uns.ac.id/berita/prodi-d3-dkv-sekolah-vokasi-uns-kembangkan-destinasi-wisata-di-dusun-pondok-desa-beruk-jatiyoso-karangayar
Pro, S. (2024, November 18). Yuk Intip Keseruan Wisata Arung Jeram Tawangmangu. Kontenbisnis.Id. https://kontenbisnis.id/wisata-arung-jeram-tawangmangu/
Putu Henny Puspawati, D., & Ristanto, R. (2018). Strategi Promosi Digital untuk Pengembangan Pariwisata Kota Magelang. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 1–20. https://doi.org/10.56354/jendelainovasi.v1i2.14
Rozaq, M., & Nugrahani, R. U. (2023). Penggunaan Platform Video Pendek Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Digital untuk UMKM. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(1), 21–30. https://doi.org/10.33366/jkn.v5i1.271
Sihombing, D. A., & Hariyanto, O. I. B. (2019). Digital Pemasaran Pariwisata dan Pendekatan Soft Skill di Destinasi Wisata. Jurnal ALTASIA, 1(2), 47–52. https://doi.org/10.37253/altasia.v1i2.464
Susanti, R., Silvia, E. D., & Ariani, F. (2022). Penerapan Strategi Digital Marketing Berbasis Konten pada Ve Bordir dan Sulaman Bukittinggi. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1129–1136. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5516
Tham, A., Chen, S.-H. (Ava), & Durbidge, L. (2024). A Pentadic Analysis of TikTok Marketing in Tourism: The Case of Penang, Malaysia. Tourist Studies, 24(1), 75–103. https://doi.org/10.1177/14687976231218483
Wicaksono, B., Muchran, M., & Basri, A. I. (2023). Pengembangan Wisata Watu Gendong Melalui Optimalisasi Manajemen dan Promosi Digital di Desa Beji Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i1.6439
Yudhanto, S. H. i, Prayoga, D. E. T., Setyawan, A., Widyamurti, N., Muttaqin, H., & Jauhari, J. (2022). Pelatihan Search Engine Optimization (SEO) dan Manajemen Media Sosial Berbasis Android untuk Meningkatkan Eksposur Destinasi Wisata Tubing di Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 807–815. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5583
Yudhanto, S. H. (2025). Desain Media Digital Fundamental. Pena Persada. https://penapersada.id/buku/detail_buku.php?id=2487
Yulianti, N. D. (2024, November 30). Petualangan Seru Wisata Alam yang Menawarkan Petualangan River Tubing Menantang, Kunjungi saat Liburan Tahun Baru 2025 di Karanganyar. Kelumajang.Com. https://www.kelumajang.com/wisata/98114052899/petualangan-seru-wisata-alam-yang-menawarkan-petualangan-river-tubing-menantang-kunjungi-saat-liburan-tahun-baru-2025-di-karanganyar?page=2
Zhou, Q., Sotiriadis, M., & Shen, S. (2023). Using TikTok in Tourism Destination Choice: A Young Chinese tourists’ Perspective. Tourism Management Perspectives, 46, 101101. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2023.101101
DOI: https://dx.doi.org/10.30659/ijocs.7.2.192-203
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Hermansyah Muttaqin, Ibnu Kuncoro Broto, Jauhari Jauhari, Sigied Himawan Yudhanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.