Penggunaan Open Journal System (OJS) bagi Guru SMA Negeri 1 Pegandon

Dyana Wijayanti, Imam Kusmaryono, Hevy Rizqi Maharani, Mohamad Aminudin, Nila Ubaidah, Mochamad Abdul Basir

Abstract


Guru diwajibkan melaksanakan publikasi pada pangkat tertentu sebagai proses penjaminan kualitas pendidikan. Namun begitu, berbagai kendala dihadapi oleh guru dalam proses publikasi. Salah satu di antaranya adalah adaptasi penggunaan teknologi dalam mengajukan artikel pada laman “Open Journal Systemâ€. Tim pengabdian Pendidikan Matematika Unissula menyasar pada masalah tersebut dengan melaksanakan workshop Manajemen Penggunaan Open Journal System (OJS) bagi Guru SMA Negeri 1 Pegandon, Kabupaten Kendal. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, baik daring maupun luring. Secara kualitas, beberapa guru di SMAN 1 Pegandon telah mengajukan artikelnya pada laman jurnal http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpsa. Secara kuantitas, kegiatan ini mendapat antusias dari banyak guru SMAN 1 Pegandon. Hal ini terbukti dengan kehadiran guru yang melebihi 80% pada kegiatan sosialisasi.

In the process of ensuring the quality of education, teachers are required to carry out publications at certain ranks. However, teachers face various obstacles in the publication process. One of them is the adaptation of the use of technology in submitting articles on the “Open Journal System†page. The Unissula Mathematics Education service team targeted this problem by conducting a Workshop on Management of the Use of the Open Journal System (OJS) for teachers at SMA Negeri 1 Pegandon, Kendal Regency. This activity is carried out in a hybrid way, both challenge and offline. In terms of quality, several teachers at SMAN 1 Pegandon have submitted their articles in the journal http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpsa. Quantitatively, this activity got the enthusiasm of many teachers. This is evidenced by the presence of teachers who exceed 80% in socialization activities.

Keywords


Open Journal System; Pedagogical competence

Full Text:

PDF

References


Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2009). Permenpan Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya Pendidikan. Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi.

Menteri Nasional. (2007). Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik indonesia Nomor 18 tahun 2007 Tentang Sertifikasi bagi guru dalam jabatan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2007, 7(3), 1–4.

Sakdiah, H. (2021). Analisis Minat Guru IPA Tingkat SMP dalam Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal Edusciense, 8(1), 70–78.

Novita, N., Marhami, M., Sakdiah, H., & Muliani, M. (2021). Pengembangan Kompetensi Literasi Digital Pada Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51–58.

Calvani, A., Cartelli, A., Fini, A., & Ranieri, M. (2008). Models and Instruments for Assessing Digital Competence at School. Journal of E-Learning and Knowledge Society, 4(3), 183–193.

Rohman, A. N., & Sugeng, S. (2022). Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dan Publikasi Jurnal Ilmiah Berbasis Open Journal System (OJS) Di MTs Negeri 32 Jakarta. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), 6(1), 13-18.

Zainuddin, M., Misbah, A. A., Amirul Azis Anshari Mudha, N. S., & Lazuardi, S. D. A. (2022). Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah bagi Guru MGMP IPA Kabupaten Barito Kuala. PRO SEJAHTERA (Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat),4(1).

Sidiq, I. I., Saefullah, N. H., Amalia, R. M., Ampera, T., Mahmud, E. Z., & Darmayanti, N. (2021). Pelatihan Dalam Jaringan ( Daring ) Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-guru MAN 3 Majalengka, Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 145–153.

Soejoto, A., Ghofur, M. A., Dewi, R. M., & Fitrayati, D. (2021). Upaya peningkatan keterampilan penulisan dan publikasi artikel ilmiah melalui pelatihan bagi guru MGMP ekonomi SMA se-Gerbangkertosusilo. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(3), 382-387.

Ilham, A., Sarip, M., & Setiadi, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Profesi Guru Bahasa Arab Melalui Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Berbasis Open Journal System. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 7-13.

Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penulisan Artikel dan Publikasi pada Open Journal System (OJS). Jurnal Ecogen, 2(4), 596-600.

Nurmasyitah, N., Lubis, N. A., & Aprilia, R. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah dan Submission ke Jurnal Nasional bagi Guru Sekolah Dasar di Kota Langsa. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(7), 2485-2494.

Wiyaka, W., Saputro, B. A., & Prastikawati, E. F. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Nasional bagi Guru SMA di Kota Semarang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(1), 192-200.

Budapest Open Access Initiative. (2002). Open Journal Systems. Diakses pada https://pkp.sfu.ca/ojs/ tanggal 28 Mei 2020

Wardhana, D. E. C., Basuki, R., & Noermanzah, N. (2020). Webinar dan pendampingan daring penulisan artikel hasil penelitian pada jurnal nasional terakreditasi bagi guru bahasa Indonesia tingkat SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(4), 228-235.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.5.1.20-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dyana Wijayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.