Brief description |
<p>Metode drill merupakan salah satu metode pengajaran yang membantu siswa memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk memahami topik dengan memberi mereka latihan dan saran. (A Rizkiyansyah and B Mulyana, 2019). Metode drill tersebut di definisikan sebagai untuk meningkatkan pemahaman kepada ssiwa dengan diberi materi secara bertahap sehingga siswa dapat memahami materi dan mengingat dengan melekat. Dalam proses pembelajaran, melibatkan siswa melakukan latihan secara berulang-ulang sehingga siswa aktif bertanya, mempraktekkan apa yang telah dipelajari dan agar siswa mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan harapan.</p><p> Untuk mencapai potensi penuh dalam proses pembelajaran maka dilakukan pembelajaran yang efektif dan aktif yang dapat menginsprirasi siswa. Dalam proses pembelajaran yang aktif dapat dilakukan dengan berbagai cara untuk melihat apakah proses pembelajaran itu berhasil atau tidak. Setidaknya ada 8 komponen-komponen Pembelajaran : dasar Pembelajaran, tujuan Pembelajaran, isi Pembelajaran, metode Pembelajaran, alat Pembelajaran, terdidik, pembelajaran, tujuan perencanaan sistem Pembelajaran ( Ika Purwaningsih, 2019).</p><p> Fakta yang terjadi di Indonesia saat ini berbanding terbalik dengan cita-cita Pendidikan nasional. Hal ini diperkuat oleh laporan program for internasional student assessment (PISA) pada tahun 2015 program yang mengurutkan kualitas Pendidikan di 72 negara, menjadikan Indonesia berada di peingkat ke 62. Oleh sebab itu, Pendidikan Indonesia diharapkan dapat mengambil alih guna menyelesainkan fenomena tersebut sesuai dengan fungsi dan tujuan pendidikan. (Latifatus Sholikah and Faninda Novika Pertiwi, 2021).</p><p> Merujuk pada pokok kebijakan terkait tujuan negara RI dalam Upaya menyelesaikan fenomena mencerdaskan kehidupan bangsa yang diutarakan oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan dengan penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran, mengganti ujian nasional dengan asesmen potensi minimum dan survei karakter.</p><p> Dalam hal ini kompetensi kepribadian guru sebagai bentuk Upaya mendorong peserta didik berperilaku positif dan aktif terhadap guru, baik dalam kegiatan pembelajaran atau pun diluar pembelajaran dengan stabil, dalam artikel ini akan membahas ”Pengaruh Metode Drill Dan Kompetensi Guru Tehadap Keaktifan Belajar Siswa.”</p> |