Fleksibilitas-Integratif: Konsep Baru dalam Modernisasi Pendidikan Pesantren

Muhammad Iqbal Nashrullah, Akmalia Fitri Mafaza

Abstract


Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia memiliki peran strategis dalam membentuk karakter religius sekaligus menyiapkan sumber daya manusia unggul. Namun, di era abad ke-21, pesantren menghadapi tantangan untuk menyesuaikan sistem pendidikan dengan tuntutan keterampilan abad ke-21 yang meliputi berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, kolaborasi, serta literasi digital. Artikel ini membahas konsep baru fleksibilitas-integratif yang muncul dari penelitian multi-kasus di Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Manyar dan Pondok Pesantren Al-Fattah Siman, Lamongan. Hasil kajian menunjukkan bahwa Pesantren Ihyaul Ulum menerapkan pendekatan salaf-modern dengan menekankan fleksibilitas melalui program non-formal yang dijalankan, sedangkan Pesantren Al-Fattah lebih menekankan integrasi pendidikan formal dengan sistem pesantren melalui kurikulum yang terstruktur. Perbandingan dua model ini melahirkan konsep fleksibilitas-integratif, yaitu pendekatan modernisasi yang memadukan keluwesan khas tradisi pesantren dengan integrasi kurikulum nasional dan keterampilan abad ke-21. Konsep ini dinilai mampu menjawab kebutuhan santri agar memiliki kompetensi religius sekaligus keterampilan global yang relevan. Keunggulan model ini terletak pada kemampuan menjaga identitas pesantren sambil memperkuat daya saing alumni di dunia kerja modern. Namun, tantangan implementasi tetap ada, antara lain keterbatasan sumber daya manusia, resistensi terhadap perubahan, dan minimnya fasilitas digital. Artikel ini menegaskan bahwa fleksibilitas-integratif dapat menjadi paradigma baru dalam modernisasi pendidikan pesantren yang adaptif, berkelanjutan, dan sesuai dengan kebutuhan zaman.


Keywords


Pesantren, Modernisasi Pendidikan, Keterampilan Abad ke-21.

Full Text:

PDF

References


Ahsan, M., Kholis, N., & Ahwarumi, B. (2019). Entrepreneurship in Islamic Boarding School, Pure Business or Philanthropy. ResearchGate.

Aziz, A. (2014). Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren (Studi pada Pondok Pesantren Jam’iyyah Islamiyyah Jurangmangu Timur Pondok Aren Tangerang Selatan). Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2014. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25303?mode=full

Azra, A. (2015). Genealogy of Indonesian Islamic Education: Roles in the Modernization of Muslim Society. Heritage of Nusantara: International Journal of Religious Literature and Heritage, 4(1), 85–114. https://doi.org/10.31291/hn.v4i1.63

Beer, C., Roy, S., & Ames, K. (2023). Is it really flexible? Examining definitions of flexibility against contemporary practice in online education. Journal of Further and Higher Education, 47(2), 255–264. https://doi.org/10.1080/0309877X.2022.2106125

Creswell, J. (2003). Research Mthods Qual and Quant : Mixed Methods Approaches. Second Edition, p. 137.

Dunn, M., Munoz, I., & Jarrahi, M. H. (2023). Dynamics of flexible work and digital platforms: Task and spatial flexibility in the platform economy. Digital Business, 3(1), 100052. https://doi.org/10.1016/j.digbus.2022.100052

Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. Retrieved from https://www.studocu.com/id/document/universitas-pendidikan-indonesia/filsafat-administrasi-pendidikan/263-278-transformasi-pendidikan-abad-21-sebagai-tuntutan-pengembangan-sumber-daya-manusia-di-era-global/42960125

Hidayah, N. (2019). Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren Salafiyah. Riayah : Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 4(01), 60–72. Retrieved from https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/1505

Ilyasin, M. (2020). Transformation of Learning Management: Integrative Study of Islamic Boarding School Curriculum. Dinamika Ilmu, 20(1), 13–22. https://doi.org/10.21093/di.v20i1.2006

M. Amin Abdullah. (2007). Islamic Studies dalam Paradigma Integrasi-Interkoneksi. Yogyakarta: Suka Press.

Mashur, M., Iswandi, T., & Yaqin, L. N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Integrasi TIK dalam Proses Pembelajaran pada Pondok Pesantren di Lombok Timur. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(2), 278–287. https://doi.org/10.29408/edumatic.v5i2.4155

Mayer, S., & Schwemmle, M. (2023). Teaching university students through technology-mediated experiential learning: Educators’ perspectives and roles. Computers & Education, 207, 104923. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2023.104923

Meneses, A., Nussbaum, M., Veas, M. G., & Arriagada, S. (2023). Practice-based 21st-century teacher education: Design principles for adaptive expertise. Teaching and Teacher Education, 128, 104118. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104118

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. London, England, UK: SAGE Publications.

Muhammad Zamroji. (2017). Modernisasi Sistem Pendidikan Pondok Pesantren. Murobbi; Jurnal Ilmu Pendidikan, 01(01), 36. https://doi.org/p-ISSN 2579-4191; 33-63

Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik / Suharsimi Arikunto | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (2022, November 8). Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=801361

Robert K. Yin. (1981). Case Study. In Case (Vol. 53). California: SAGE Publications Ltd.

Samsudin, M. A. (2020). Tantangan Lembaga Pendidikan Pesantren di Era Disrupsi. Conference on Islamic Studies FAI 2019, 01(01), 221–230. https://doi.org/10.30659/cois.v0i0.8063

Setiawan, E. (2013). Modernisasi Pola Sistem Pendidikan Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Modern Daarul Fikri Mulyoagung Dau Malang). Ulul Albab Jurnal Studi Islam, 14(2), 176. https://doi.org/10.18860/ua.v14i2.2656

Syahminan. (2014). Modernisasi Sistem Pendidikan Islam Pada Abad 21. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(2), 235–260. Retrieved from https://journal.scadindependent.org/index.php/jipeuradeun/article/view/33/50

Zulmuqim, Z., Zainimal, Z., Kustati, M., Besral, B., Refinaldi, R., & Adriantoni, A. (2020). The Characteristics of Pesantren in the Development of Islamic Education in West Sumatra. Ulumuna, 24(1), 132–154. https://doi.org/10.20414/ujis.v24i1.382




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.8.2.72-80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License