PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR FIQIH MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ PADA PESERTA DIDIK MTs FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN - DEMAK TAHUN AJARAN 2023 / 2024

roudatul hidayah

Abstract


Artikel dengan judul “Peningkatan Aktivitas Belajar Fiqih Melalui Strategi Team Quiz Pada Peserta Didik MTs Futuhiyyah 2 Mranggen - Demak Tahun Ajaran 2023 / 2024” ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran fiqih dengan menggunakakan strategi belajar aktif team quiz yaitu dengan belajar kelompok di MTs Furuhiyyah 2 Mranggen - Demak yang biasanya hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan.

Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan metode dokumentasi.

Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa secara umum, aktivitas belajar peserta didik MTs Futuhiyyah 2 Mranggen - Demak baik, suasana pembelajaran juga menyenangkan dan peserta didik lebih bersemangat dalam belajar, kelancaran pembelajaran juga baik dan tertib, dan prestasi belajar peserta didik juga baik.


Keywords


PAI UNISSULA SEMARANG

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, S. Ag dan Dian Andayani, S. Pd., Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung, PT. Remaja RosdaKarya, 2005

Ahmad Rohani, Drs, HM, M.Pd, Pengelolaan Pengajaran, cet. ke-2, Jakarta, Rineka Cipta, 2004

Agus Suprijono, Cooperative Learning, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2016

Hamruni, Dr. H. M. Si, Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan, Yogyakarta, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2009

Hisyam Zaini, et al, Strategi Pembelajaran Aktif, cet. ke-6, Yogyakarta, CTSD (Center for Teaching Staff Development), 2007

Isjoni, Drs. H. M. Si., Ph. D, Pembelajaran Kooperatif, cet. ke-5, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2013

Ismail, SM, M.Ag, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang, Rasail Media Grup, 2009

M. Burhan Bungin, Prof., Dr., H.,S.Sos., M.Si, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta, Prenada Media, 2005

Melvin L. Silberman, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, cet. ke-14, Bandung, Nusamedia, 2018

Mustopa Halmar, Drs. H. M.Ag, Strategi Belajar Mengajar, Semarang, Unissula Press, 2008

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algensindo, 2017

Oemar Hamalik, Drs., Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, Bandung, Tarsito, 1990

R. Ibrahim, Nana Syaodih S. Perencanaan Pengajaran, cet ke-3, Jakarta, Rineka Cipta, 2010

Ramayulis, Prof. Dr. H, Ilmu Pendidikan Islam, cet. ke-4, Jakarta, Penerbit Kalam Mulia, 2005

Redaksi Sinar Grafika, Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, Jakarta, Sinar Grafika Offset, 2008

S. Margono, Drs., Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta, 2003

Sardiman A. M., Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, cet. ke-24, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2018

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, cet. ke-6, Jakarta, Rineka Cipta, 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.8.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License