Pendidikan Karakter Perspektif Buya Hamka dalam Buku Pribadi Hebat serta Relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer

Toni Irawan, Alwizar Alwizar, Eva Dewi, Syaiful Dinata, M. Dwi Rahman Sahbana, Muhammad Firdaus

Abstract


Pendidikan karakter sangat penting menjadi fokus utama penyelenggaraan pendidikan Islam untuk mengatasi kemerosotan perilaku peserta didik di era global saat ini. Tokoh yang menaruh perhatian terhadap pendidikan karakter di Indonesia adalah Buya Hamka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Sumber utamanya adalah buku Pribadi Hebat karya Buya Hamka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buya Hamka menyebut karakter dengan istilah kepribadian. Kepribadian hebat adalah seseorang yang dapat menjadikan dirinya memiliki sifat-sifat kepribadian hebat yang meliputi (a) memiliki daya tarik, (b) pandai, (c) penuh pertimbangan, (d) berani, (e) bijaksana, (f) berpandangan baik, (g) mengenal diri sendiri, (h) menjaga kesehatan badan, (i) bijaksana dalam berkata-kata, dan (j) percaya kepada diri sendiri. Sementara itu, implementasi konsep pendidikan karakter Buya Hamka untuk membentuk pribadi hebat harus dilakukan dengan melibatkan seluruh unsur sistem pendidikan, yang meliputi tujuan, pendidik, peserta didik, kurikulum, dan lingkungan pendidikan.


Keywords


Karakter, Pribadi Hebat, Buya Hamka

Full Text:

PDF

References


Abdullah, K. (2018). Berbagai Metodologi dalam Penelitian Pendidikan dan Manajemen. Samata-Gowa: Gunadarma Ilmu.

Dinata, S. (n.d.). Pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam. An-Nida’, 45(2), 23–47.

Fadilah, F., & Tohopi, R. (2020). Fitrah dalam Pendidikan Islam Menurut Hasan Langgulung. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 5(2), 226–265.

Fitriani, S. (2Abdullah, K. (2018). Berbagai Metodologi dalam Penelitian Pendidikan dan Manajemen. Samata-Gowa: Gunadarma Ilmu.

Dinata, S. (n.d.). Pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam. An-Nida’, 45(2), 23–47.

Fadilah, F., & Tohopi, R. (2020). Fitrah dalam Pendidikan Islam Menurut Hasan Langgulung. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 5(2), 226–265.

Fitriani, S. (2020). Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 20(2), 179–192.

Frye, M., Lee, A. R., LeGette, H., Mitchell, M., Turner, G., & Vincent, P. F. (2002). Character education: informational handbook and guide for support and implementation of the student citizent act of 2001. North Carolina: Public Schools of North Carolina.

Gunawan, H. (2022). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi (Vol. 1, Issue 1). Cv. Alfabeta.

Habibie, M. L. H., Al Kautsar, M. S., Wachidah, N. R., & Sugeng, A. (2021). Moderasi beragama dalam pendidikan Islam di Indonesia. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), 121–141.

Hadi, N. (2019). Analisis Kritis Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Indonesia Di Sekolah (SD, SMP, SMA, & SMK). EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 1–16.

Hamka. (1988). Tafsir Al-Azhar. Pustaka Panjimas.

Hamka. (1992). Akhlaqul Karimah. Pustaka Panjimas.

Hamka. (2015a). Lembaga Budi. Republika Penerbit.

Hamka. (2015b). Tasawuf Modern. Republika Penerbit.

Hamka. (2017). Dari Hati ke Hati. Gema Insani.

Hamka. (2020). Pribadi Hebat. Gema Insani.

Hamka, R. (1983). Pribadi dan Martabat Buya Prof. Dr. Hamka. Pustaka Panjamas.

Haris, A. (2010). ETIKA HAMKA; Konstruksi Etik Berbasis Rasional-Religius. Lkis Pelangi Aksara.

Harun, C. Z. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(3).

Hitami, M. (2001). Rekonseptualisasi Pendidikan Islam. Susqa Press.

Husaini, A., & Setiawan, B. G. (2020). Pemikiran dan Perjuangan M. Natsir dan Hamka dalam Pendidikan. Gema Insani.

Iqbal, F. (1996). The political philosophy of Iqbal. AIOU.

Izzan, A. (2021). Pergeseran Penafsiran Moderasi Beragama Menurut Tafsir Al-Azhar Dan Tafsir Al-Misbah. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(2).

Kaimuddin, K. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 14(1), 47–64.

Kumalasari, D., & Wibowo, Y. A. (2021). Kajian Sejarah Pendidikan: Pemikiran Pendidikan Karakter Hamka. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 81–89.

Mashlihuddin, Y. (2018). Degradasi Moral Remaja Indonesia. P2KK UMM.

Mu’in, F. (2011). Pendidikan karakter. Scripta Cendekia.

Mubarok, A. (2001). Psikologi Qur’ani. Pustaka Firdaus.

Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245–255.

Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.

Nata, D. R. H. A. (2016). Ilmu pendidikan islam. Prenada Media.

Nizar, S. (2016). Memperbincangkan dinamika intelektual dan pemikiran hamka tentang pendidikan islam.

Prihatmojo, A., Agustin, I. M., Ernawati, D., & Indriyani, D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Abad 21. SEMNASFIP.

Quddus, A. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10(3), 997–1005.

Rasyid, R., Fajri, M. N., Wihda, K., Ihwan, M. Z. M., & Agus, M. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1278–1285.

RIO, A. (2023). Relevansi Pendidikan Karakter dengan Pendidikan Akhlak dalam Islam di Sekolah. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 7(1).

Samani, D. R. M. (2019). Konsep dan model pendidikan karakter.

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan karakter sebagai pilar pembentukan karakter bangsa.

Shafrianto, A., & Pratama, Y. (2021). Pendidikan akhlak dalam perspektif Buya Hamka. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 6(1), 97–105.

Sukma Umbara Tirta Firdaus. (2017). PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM ALA HARUN NASUTION (Sebuah Refleksi Akan Kerinduan “Keemasan Islam”). Jurnal El-Furqania, 05(02).

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.

Tafsir, A. (2017). Filsafat Pendidikan Islam.

Utami, D. P., Melliani, D., Maolana, F. N., Marliyanti, F., & Hidayat, A. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perspektif Ekologi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2735–2742.

Wahidin, U. (2017). Pendidikan karakter bagi remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03), 256–269.

Wasitaatmadja, F. F. (2016). Moral hukum dan nilai-nilai kebangsaan: sebuah refleksi pemikiran Buya Hamka. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 16(1), 71–86.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83–91.

Yusuf, K. M. (2021). Tafsir Tarbawi: pesan-pesan Al-Qur’an tentang pendidikan. Amzah.

Zuchdi, D. (2010). Pengembangan model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3).

. Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 20(2), 179–192.

Frye, M., Lee, A. R., LeGette, H., Mitchell, M., Turner, G., & Vincent, P. F. (2002). Character education: informational handbook and guide for support and implementation of the student citizent act of 2001. North Carolina: Public Schools of North Carolina.

Gunawan, H. (2022). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi (Vol. 1, Issue 1). Cv. Alfabeta.

Habibie, M. L. H., Al Kautsar, M. S., Wachidah, N. R., & Sugeng, A. (2021). Moderasi beragama dalam pendidikan Islam di Indonesia. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), 121–141.

Hadi, N. (2019). Analisis Kritis Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Indonesia Di Sekolah (SD, SMP, SMA, & SMK). EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 1–16.

Hamka. (1988). Tafsir Al-Azhar. Pustaka Panjimas.

Hamka. (1992). Akhlaqul Karimah. Pustaka Panjimas.

Hamka. (2015a). Lembaga Budi. Republika Penerbit.

Hamka. (2015b). Tasawuf Modern. Republika Penerbit.

Hamka. (2017). Dari Hati ke Hati. Gema Insani.

Hamka. (2020). Pribadi Hebat. Gema Insani.

Hamka, R. (1983). Pribadi dan Martabat Buya Prof. Dr. Hamka. Pustaka Panjamas.

Haris, A. (2010). ETIKA HAMKA; Konstruksi Etik Berbasis Rasional-Religius. Lkis Pelangi Aksara.

Harun, C. Z. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(3).

Hitami, M. (2001). Rekonseptualisasi Pendidikan Islam. Susqa Press.

Husaini, A., & Setiawan, B. G. (2020). Pemikiran dan Perjuangan M. Natsir dan Hamka dalam Pendidikan. Gema Insani.

Iqbal, F. (1996). The political philosophy of Iqbal. AIOU.

Izzan, A. (2021). Pergeseran Penafsiran Moderasi Beragama Menurut Tafsir Al-Azhar Dan Tafsir Al-Misbah. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(2).

Kaimuddin, K. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 14(1), 47–64.

Kumalasari, D., & Wibowo, Y. A. (2021). Kajian Sejarah Pendidikan: Pemikiran Pendidikan Karakter Hamka. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 81–89.

Mashlihuddin, Y. (2018). Degradasi Moral Remaja Indonesia. P2KK UMM.

Mu’in, F. (2011). Pendidikan karakter. Scripta Cendekia.

Mubarok, A. (2001). Psikologi Qur’ani. Pustaka Firdaus.

Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245–255.

Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.

Nata, D. R. H. A. (2016). Ilmu pendidikan islam. Prenada Media.

Nizar, S. (2016). Memperbincangkan dinamika intelektual dan pemikiran hamka tentang pendidikan islam.

Prihatmojo, A., Agustin, I. M., Ernawati, D., & Indriyani, D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Abad 21. SEMNASFIP.

Quddus, A. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10(3), 997–1005.

Rasyid, R., Fajri, M. N., Wihda, K., Ihwan, M. Z. M., & Agus, M. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1278–1285.

RIO, A. (2023). Relevansi Pendidikan Karakter dengan Pendidikan Akhlak dalam Islam di Sekolah. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 7(1).

Samani, D. R. M. (2019). Konsep dan model pendidikan karakter.

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan karakter sebagai pilar pembentukan karakter bangsa.

Shafrianto, A., & Pratama, Y. (2021). Pendidikan akhlak dalam perspektif Buya Hamka. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 6(1), 97–105.

Sukma Umbara Tirta Firdaus. (2017). PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM ALA HARUN NASUTION (Sebuah Refleksi Akan Kerinduan “Keemasan Islam”). Jurnal El-Furqania, 05(02).

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.

Tafsir, A. (2017). Filsafat Pendidikan Islam.

Utami, D. P., Melliani, D., Maolana, F. N., Marliyanti, F., & Hidayat, A. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perspektif Ekologi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2735–2742.

Wahidin, U. (2017). Pendidikan karakter bagi remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03), 256–269.

Wasitaatmadja, F. F. (2016). Moral hukum dan nilai-nilai kebangsaan: sebuah refleksi pemikiran Buya Hamka. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 16(1), 71–86.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83–91.

Yusuf, K. M. (2021). Tafsir Tarbawi: pesan-pesan Al-Qur’an tentang pendidikan. Amzah.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.8.1.11-30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License