Integrasi Kearifan Lokal dan Literasi Digital dalam Pendidikan Islam untuk Menghadapi Tantangan Abad 21
Abstract
Indonesia, sebagai negara multikultural terbesar di dunia, memiliki tantangan untuk menjaga harmoni sosial di tengah era disrupsi teknologi. Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal dan literasi digital sebagai respons terhadap kebutuhan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kearifan lokal dapat menjadi fondasi literasi digital dalam pembelajaran PAI, dengan pendekatan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kearifan lokal, seperti toleransi, gotong royong, dan penghormatan terhadap keberagaman, sejalan dengan prinsip Islam rahmatan lil alamin. Nilai-nilai ini penting untuk diinternalisasi dalam pembelajaran PAI guna membangun karakter siswa yang inklusif dan toleran. Di sisi lain, literasi digital melibatkan kemampuan kritis dalam menggunakan teknologi, termasuk memverifikasi informasi dan berinteraksi secara etis di dunia maya. Strategi integrasi meliputi pembelajaran berbasis proyek, pengenalan tata krama digital, serta pemanfaatan konten digital yang mengangkat tema budaya lokal dan Islam. Pendekatan ini memperkuat identitas budaya, meningkatkan keterampilan digital, dan menumbuhkan kesadaran sosial siswa. Kesimpulannya, integrasi kearifan lokal dan literasi digital dalam pembelajaran PAI adalah solusi strategis untuk membangun generasi yang beriman, bertakwa, dan siap menghadapi tantangan era digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fairus, F., Maftuh, B., Sujana, A., Pribadi, R., & Azzahra, F. (2024). LOCAL WISDOM INTEGRATION IN LEARNING IMPLEMENTATION IN ELEMENTARY SCHOOL. Jurnal Cakrawala Pendas, 10(2), 194–205. https://doi.org/10.31949/jcp.v10i2.8029
Hanik Hidayati, & Wibowo Harry Sugiharto. (2024). The Role of Digital Literacy in Increasing Understanding of the Qur’an among People Islamic Students. Jurnal Info Sains : Informatika Dan Sains, 14(02), 29–42. https://doi.org/10.54209/infosains.v14i02.4294
Husni, H. (2024). Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Kearifan Lokal. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 1334–1346. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.5231
Mashudi, M., & Hilman, C. (2024). Digital-Based Islamic Religious Education: A New Orientation in Enhancing Student Engagement and Spiritual Understanding. Global International Journal of Innovative Research, 2(10), 2488–2501. https://doi.org/10.59613/global.v2i10.342
MR, M. I. F., Anam, A. M., Agustinova, D. A., Prasastiawati, D., Awalin, F. R. N., & Yaacob, N. H. (2024). Community-based Islamic education: Democratizing learning through local wisdom. Jurnal Ilmiah WUNY, 6(2), 1–13. https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i2.76362
Muflihin, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal pada Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 3(2), 21–32.
Muflihin, A., & Makhshun, T. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 91–103.
Munawati, S. (2024). Innovation in Islamic Religious Education for Elementary School Students by Empowering Sophisticated Digital Resources. Mimbar Sekolah Dasar, 11(2), 281–297. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v11i2.71797
Munisa, M., Putri, U. N., Sari, W. V., & Fitri, N. A. (2024). DIGITAL LITERACY BASED ON LOCAL WISDOM IN INCLUSIVE EDUCATION. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 13(1). https://doi.org/10.22373/pjp.v13i1.22058
Noneng Nurhayani, Indah Sulistiani, Indah Sulistiani, Syarifuddin, Rezkiyah Hoesny, & Siti Tiara Maulia. (2024). Development Of Islamic Religious Education Learning Modules Based On Local Wisdom. IJGIE (International Journal of Graduate of Islamic Education), 5(1), 97–109. https://doi.org/10.37567/ijgie.v5i1.2833
Riza, S. (2022). Penguatan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran melalui Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(1), 131. https://doi.org/10.22373/jm.v12i1.13299
Siswanto, J., Tri Jaka Harjanta, A., Kurnia Prahani, B., & Suminar, I. (2022). The Validity and Practicality of the Integrated Learning Model: Physics, Digital, and Local Wisdom. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v7i19.12489
Wibowo, A., & Basri, B. (2020). Literasi dan Harmonisasi Sosial: Desain Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal pada Masyarakat Pedesaan. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 4(2), 106–121. https://doi.org/10.23971/njppi.v4i2.2490
Yaqin, A. A., Gloriani, Y., & Maschita, D. E. (2024). Development of Digital Teaching Materials for Short Story Texts Based on Local Wisdom in Middle Schools (Phase D). International Journal of Educational Research Excellence (IJERE), 3(2), 787–792. https://doi.org/10.55299/ijere.v3i2.1031
Zaki, A., Mulbar, U., Husniati, A., & Naufal, M. A. (2024). Integrating Local Wisdom with Project-Based Learning to Enhance 21st-Century Skills in the Society 5.0 Era. Journal of Ecohumanism, 3(7), 1821–1831. https://doi.org/10.62754/joe.v3i7.4341
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.7.1.56-67
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License