Peran Keluarga Muslim dalam Membangun Karakter Religius Anak

Nila Khusniatul Muna

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana keluarga muslim di Desa Kalianyar mengimplementasikan pendidikan karakter religius pada anak terutama dalam menanamkan nilai-nilai keislaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian lapangan, dan pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya keluarga muslim di desa kalianyar mampu mengimplementasikan pendidikan karakter religius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian pendidikan karakter religius di Desa Kalianyar melalui beberapa metode, yaitu dengan nasehat, keteladanan, pembiasaan, dan hukuman. Sedangkan nilai-nilai keislaman yang orang tua ajarkan pada anak adalah nilai bersyukur, tawakal, tidak syirik, sholat, bersedekah, ta'awun, sabar jujur, ikhlas dan keadaban. Selama proses penanaman nilai keislaman tersebut ada beberapa faktor yang menjadi penghambat anak dalam merealisasikan pendidikan yang telah diajarkan, antara lain kecanduan Hp dan faktor lingkungan.


Keywords


Karakter Religius, Keluarga Muslim, Nilai-Nilai Keislaman

Full Text:

PDF

References


Anisya Apriliana. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembentukan Kepribadian siswa Di SD Qur’an Bahrussyifa Lumajang. 111.

Cahyono, H. (2016). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religius. Ri’ayah, 01, 240.

Lewanmeru, O. (2020). Kasus guru dipukul siswa. Kupang: Tribunnews.

Saputra, A., & Yuzarion. (2020). Pembentukan Konsep Diri Remaja Melalui Penanaman Nilai-Nilai Keislaman. Jurnal Al-Hikmah, 18(2), 151–156.

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2).

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (ke-3; Sofia Yustiani Suryandari, Ed.). Bandung: ALFABETA CV.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.7.2.71-82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License