Pengaruh Metode Drill dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Keaktifan Belajar Siswa

Muhtafina Fina, Sustiana Sustiana, Junaidi Junaidi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode drill dan kompetensi kepribadian guru terhadap kektifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode survey. Kuesioner digunakan untuk memberikan daftar pertanyaan kepada responden dengan harapan mereka akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan berbagai uji, uji T, uji F untuk menjawab hipotesis pada penelitian ini menghasilkan persamaan sebagai berikut : Y = 8.794 + 0.545 + 0.742. Pengujian hipotesis menggunakan uji F dengan rumus df2 = 41 – 2 -1 = 38, menghasilkan F hitung 15.248 > F tabel yaitu 3.245 dengan taraf signifikasi 5% yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti variabel (X1) metode drill dan (X2) kompetensi kepribadian guru berpengaruh secara simultan terhadap variabel (Y) keaktifan belajar siswa. Nilai R square sebesar 44,5 % maka dapat diartikan metode drill dan kompetensi kepribadian guru memiliki kontribusi atau pengaruh secara simultan terhadap keaktifan belajar siswa dengan kategori moderat/sedang sedangkan sisanya 55,5% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini.


Keywords


Metode Drill, Kompetensi Kepribadian Guru, Keaktifan Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Ach. Zukin. 2022. “Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa”. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman 6, no. 1 : 17

Agus Muhibudin. 2021. “Pengaruh Metode Drill dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santriwati Bidang Ilmu Al-Mahid.” Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 2, no. 3 : 148

Alif Achadah, Eka Desi Mulyati. 2020. “Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI.” Al-Fikri : Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam 3. No. 2 : 47

Baiq Tuhfatul Unsi. 2020. “Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Melalui Penerapan Metode Drill.” Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 : 73.

Billy Adam Kusuma, dkk. 2021. “Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 : 58

Cahyawati and Viarti Eminita, 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Dengan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” Fibonacci : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 7, no. 1 : 79

Eni, Anggraeni. 2020. “Pengaruh Investasi Asing Langsung dan Investasi Dalam Negeri terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” UIN Raden Intan Lampung

Erpidawati and Elsi Susanti. 2019. “Kontribusi Pengelolaan Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Kesehatan Dan Mipa Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.” Jurnal Benefita 4, no. 1 : 70–77.

Laksmana, Darren Fredericko, and Olivia Olivia. (2024). “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pada Motivasi Murid-Murid Kursus TTZW Surabaya Belajar Bahasa Mandarin.” Century: Journal of Chinese Language, Literature and Culture 12(1), 13–26.

M. Dahlan R and Rizka Fatya Rahayu. 2021. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Jarak Jauh.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6, no. 1 : 22

Ma’ruf Abdullah, Metode Penelitian Kuantitatif, (yogyakarta: aswaja pressindo, 2015), 322

Nana Setiana Permana. 2020. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Kalimat Pasif (Passive Voice) Siswa Pada Berbagai Tenses Melalui Metode Drill.” Jurnal Wahana Pendidikan 7, no. 2 : 178

Purwaningsih, Ika, Oktariani, Linda Hernawati, Ratu Wardarita, and Puspa Indah Utami. (2019). “Pendidikan Sebagai Sistem.” Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan di bidang Administrasi Pendidikan 10(1), 21–26.

Riza Faishol, and Fathi Hidayah. 2021. “Efektivitas Metode Drill dengan Teknik Master pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. Incare: International Journal of Educational Resources 1, no. 5 : 450.

Rizkiyansyah, A, and B Mulyana. (2019). “The Influence of Skateboarding Media and Pull Buoy Drill Method Patterns on Learning Outcomes of Freestyle Swimming Basic Techniques.” Jurnal Kepelatihan Olahraga 11(2), 112–23.

Sareong, Irene Priskila, and Tri Supartini. 2020. “Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Sma Kristen Pelita Kasih Makassar.” Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1: 29–42

Sholikah, Latifatus, and Faninda Novika Pertiwi. (2021). “Analysis of Science Literacy Ability of Junior High School Students Based on Programme for International Student Assessement (PISA).” INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal 2(1), 95–104.

Siti Sofiatul Munawaroh, Siti Nursyamsiyah, Dhian Wahana Putra. 2022. “Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Santriwati Di Pondok Pesantren Baitul Hikmah.” Al-Fikri : Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam 5, no. 2 : 145

Tambak, Syahraini. (2016). “Metode Drill Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” In Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13, 110–27.

Yuliara, I Made. (2016). “Regresi Linier Berganda.” In Denpasar: Universitas Udayana, 2–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.7.1.1-13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License