Kepemimpinan Karismatik dan Visioner Kyai dalam Pengembangan Manajemen Mutu Pesantren

Ana Dwi Srianahayu

Abstract


Penelitian ini membahas kepemimpinan karismatik dan visioner dalam pengembangan manajemen sekolah di Pondok Pesantren Nurul Hidayah oleh Sang Kyai. Kepemimpinan karismatik, yang menonjolkan karisma, digunakan untuk menarik dan menginspirasi pengabdian. Pemimpin visioner diarahkan pada menetapkan visi organisasi dengan kemampuan berpikir prediktif, antisipatif, dan holistik. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pengembangan manajemen mutu pondok pesantren Nurul Hidayah melalui gaya kepemimpinan karismatik dan visioner sang kyai pesantren mulai dari penciptaan, perumusan dan pengimplementasian visi pondok pesantren disertai dengan peran sang kyai sebagai pemimpin yang karismatik dan visioner untuk memajukan pondok.  Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melibatkan pemimpin, pengurus, dan santri pondok pesantren. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan Sang Kyai berfokus pada aspek mutu dan fungsi manajemen, termasuk perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, dan penilaian. Kajian ini memberikan kontribusi pemahaman mendalam tentang bagaimana kepemimpinan karismatik dan visioner dapat membentuk manajemen mutu di lingkungan pondok pesantren.


Keywords


Kepemimpinan, Karismatik, Visioner

Full Text:

PDF

References


Achmad Ali Fikri, Syamsul Arifin, M. F. F. (2022). Gaya Kepemimpinan Karismatik Kiai dalam Meningkatkan Kinerja Ustadz di Pondok Pesantren PPSM Banin Banat AL Mubtadi-ien, 2(8.5.2017), 2003–2005.

Fadhilah, dkk. (2022). “ Tantangan Kepemimpinan Kepala Sekolah Visioner dalam Memahami Visi Misi Sekolah” dalam Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan: ALSYS, Vol. 2, No. 4, (hal. 448).

Fauzan. (2019). “Kepemimpinan Karismatik Versus Kepemimpinan Visioner” dalam Jurnal Al- ‘Adalah, Vol. 22 No. 1 (hlm. 69).

Johan, dkk. (2021). “Kepemimpinan Karismatik dalam Perspektif Karyawan UMKM: dari Motivasi Intrinsik hingga Tacit Knowledge Sharing” dalam Jurnal Pendidikan: Edumaspul, Vol. 5, No. 1 (hal. 3).

Luturmas, Y., Diana, E., Abdusshomad, A., & Wiranata, R. R. S. (2022). Implementasi Struktur Kurikulum Berdasarkan Kemendikbudristek No 371/M/2021 Dan Pp No 57 Tahun 2021 Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Tahun Ajaran 2022/2023 Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Multidisipliner BHARASA, 1(2), 71-81.

Rizkiyanto, Anggit. (2020) “Kepemimpinan Karismatik H.O. S Tjokroaminoto di Sarekat Islam” dalam Jurnal Inteleksia, Vol. 2 No. 1 (hal. 60-61).

Rostini dkk. 2023. Aktualisasi Kepemimpinan Karismatik dalam Implementasi Sistem Nilai di Pondok Pesantren. Jawa Barat: Edu Publisher.

Salehan, S., Rao, D. G., Soepriyadi, I., Nuryana, A., & Luturmas, Y. (2022). Analysis of the Influence Organizational Control System and Trust on Employee Performance. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(3).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Interpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta

Wahab, A., Sari, A. R., Zuana, M. M. M., Luturmas, Y., & Kuncoro, B. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Dalam Menuju Pembelajaran Imersif Era 4.0. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 4644-4653.

Wikansari, R., Sayuti, M., Sipayung, B., Defitri, S. Y., & Luturmas, Y. (2023). IMPLEMENTATION OF INTEGRATED ONE STOP MODEL IN PUBLIC SERVICES: AN ANALYSIS OF HUMAN RESOURCES PERFORMANCE COMPETENCY DEVELOPMENT IN THE INDONESIAN GOVERNMENT SECTOR. MULTICULTURAL EDUCATION, 9(01), 16-27.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.7.1.21-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License