Implementasi Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Berbasis Pemberdayaan Masyarakat
Abstract
Artikel ini mengkaji tentang implementasi metode Qira’ati berbasis pemberdayaan masyarakat di TPQ Al-Hikmah Semarang, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah implementasi metode Qira’ati berbasis pemberdayaan masyarakat di TPQ Al-Hikmah Semarang. Guna menjawab penelitin tersebut peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Setelah melakukan obsevasi terhadap implementasi metode Qira’ati berbasis pemberdayaan masyarakat di TPQ Al-Hikmah Semarang dapat menjawab rumusan masalah bahwa implementasi metode Qira’ati berbasis pemberdayaan masyarakat di TPQ Al-Hikmah Semarang meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada pelaksaan metode Qira’ati masyarakat berperan menyediakan lahan, sarana dan prasarana. Peran masyarakat dalam pelaksanaan yaitu sebagai tenaga pengajar sukarela berperan dalam pengelolaan dan pemeliharaan fasilitas. Adapun di dalam evaluasi masrarakat memberi solusi pengembangan ruang kelas dan perekrutan pengajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul hamid, Lc, MA, 2016, Pengantar Studi Al-Qur’an. Jakarta: Prenada Media Group.
Achmadi, C. N. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Afriyansyah dkk, Pemberdayaan masyarakat, Padang: Anggota IKAPI,2023.
Agama, D. (2016). Al-Qur’an Terjemahan. Jakarta: Lajnah pentashihan mushaf Al- Qur’an.
Ahmad, M. A. (2008). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Al- Fadli, A. e. (2015). Tajwidul Qur’an Edisi Lengkap Metode Jarazy. Bandung: LTI Bandung.
Al-Abaad. Abdul Muhsin bin Hamd. (1996). Syarah Sunan Abi Dawud, Juz 12, Jakarta: Azzam.
Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Teoritis. Jakarta: Bima Aksara.
----------------. (2010), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Bina Aksara.
Berger, Peter L., and Thomas Luckmann. (1966). The Social Construction of Reality: A Treatise in the Sociology of Knowledge. Penguin Books.
Khasanah, L. (2019) Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tartil bagi Siswa. Lampung: IAIN METRO.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.7.1.14-20
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License