Peningkatan Hasil Belajar Materi Syukur melalui Metode Snowball Throwing dan Media Wordwall
Abstract
Penelitian ini menyajikan peningkatan hasil belajar PAI materi Syukur menggunakan metode Snowball Throwing dan media Wordwall pada kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 1 Tengaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terselesaikan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Metode PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK menurut Kemmis dan MC Taggart. Dalam metode ini dijelaskan bahwa di dalam satu siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Pra siklus memiliki data ketuntasan hasil belajar yaitu 22 siswa yang tuntas atau dalam persentase 61,1%, siklus I data ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 32 siswa dengan persentase 88,8%, dan data ketuntasan siswa yang dimiliki siklus II yaitu sebanyak 34 siswa yang tuntas dan persentasenya adalah 94,4%, sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan persentase siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa atau persentasenya adalah 5,6%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anindyajati, Y. R., & Choiri, A. S. 2017. The effectiveness of using word wall media to increase science-based vocabulary of students with hearing impairment. European Journal of Special Education Research.
Dewi, S. P., Ardana, I. K., & Sri Asri, I. G. A. A. 2020. Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2).
Entin, T. Agustina. 2013. “Implementasi model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam membuat produk kria kayu dengan peralatan manual”. Innovation of Vocational Technology Education, 9(1).
Khoriyah, R. & Muhid, A. 2022. Inovasi Teknologi Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall Website pada Mata Pelajaran PAI di Masa Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh: Tinjauan Pustaka. Tarbiyah wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 9(3).
Marinda, Sari. 2022. Metodologi Penelitian Pendidikan. Global Eksekutif Teknologi: Bandung.
Nurdin & Anhausa L. O. 2021. Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).
Purnomo, Cahyo, dkk. (2017). Pengaruh penerapan model Group Investigation Berbantuan media audio visual dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 3(2).
Putri, Y.E. & Chatri, M. 2019. The Effects of Snowball Throwing (ST) Model Aided by Activity Sheets with Nuances of Problem Solving on Student Skills. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 15(2).
Sanjaya, W. 2015. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Setiawati, Y. T. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Margahayu Pada Materi Keanekaragaman Budaya Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah FKIP Univ Subang, 3(1).
Setyono, Arisandi. 2005. Mathematics. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Shiddiq, Jamaluddin. 2021. Inovasi Pemanfaatan Word-Wall Sebagai Media Game-Based Learning Untuk Bahasa Arab. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 5(1).
Wahyuningsih, D., Harlita, H., & Ariyanto, J. 2011. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Mind Maps Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar”. Pendidikan Biologi, 3(2)
Zaman, Badrus. 2018. “Pendidikan Akhlak pada Anak Jalanan di Surakarta”. Jurnal Al ghazali, 2(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.7.1.33-43
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License