Efektifitas Media Pembelajaran Islamuna Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMK Darussalam Sumberejo Lampung

Sovia Mas Ayu, Asmara Dewi, Ahmad Maulani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas  media pembelajaran berbasis  android yang telah dikembangkan sebelumnya terhadap mata pelajaran PAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan menggunakan alat bantu berupa aplikasi SPSS,  penelitian ini mengambil subyek pendidik, dan peserta didik  kelas X di SMK Darussalam Sumberejo Tanggamus Lampung. Sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan sampling sistematis.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Respon setelah menggunakan media pembelajaran berbasis android adalah baik dan mendapatkan respons yang positif pada saat pembelajaran daring berlangsung berdasar hasil uji coba skala kecil dilakukan kepada 10 orang peserta didik sebesar 83,27% dan reliabel sehingga tidak perlu revisi sehingga dilanjutkan ke ujicoba skala besar, sedangkan uji coba skala besar dilakukan dengan 38 peserta didik diperoleh presentase 87,60 % dan reliabel artinya media pembelajaran berbasis android ini mendapatkan respons positif setelah digunakan dalam pembelajaran oleh peserta didik dan bisa digunakan secara umum dalam proses pembelajaran terutama pembelajaran daring. Berdasarkan hasil analisis menggunakan rumus T-test menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android yang diberi nama Islamuna ini efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat pada nilai pretest dan posttest dengan rata-rata sebesar 68,55 dan 80,26.


Keywords


android, hasil belajar, pengembangan media PAI.

Full Text:

PDF

References


Firmansyah, F. (2022). Tinjauan Filosofis Tujuan Pendidikan Islam. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(1), 47–63. https://doi.org/10.52166/talim.v5i1.2857

Islam, J. P. (2019). Keunggulan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Bone. Al-Qayyimah, 2(1).

M. Ali, M. (2016). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Usia Dini. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 190. https://doi.org/10.22373/je.v1i2.605

Manikowati. (2012). Studi Kelayakan Pengembangan Model Multimedia Teaching Aids Paud (The Feasibility on the Development of Early Childhood Media Teaching Aids). Jurnal Teknologi Pendidikan, 265–277.

Manizar, E. (2018). Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 251. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i2.1796

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pratiwi, N. H., Model, D., Pembelajaran, M., & Apps, S. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Animasi Android-Based Learning Media Development on. 4, 57–64.

Saddam Husein, S. U. M. S. S. (2018). Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 237. https://doi.org/10.33477/alt.v3i2.605

Saifudin. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Pendidikan Agama ISlam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 11 Malang (Vol. 2018).

Sibilana, A. R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Kelas XI di SMA Negeri 2 Malang.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.6.1.68-82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.