Pemanfaatan Animasi Tono dan Tini Sebagai Media Penyampaian Akhlak Mulia Bagi Siswa Kelas 1 SD

Eva Nopitasari, Dina Laelatul Fadhilah, Via Khaerunnisa, Ani Nur Aeni

Abstract


Tantangan yang dihadapi dunia pendidikan saat pandemi yaitu kemunduran akan moralitas dan tingkah laku disebabkan oleh kurangnya sentuhan hati nurani dan humanis. Pembelajaran melalui virtual dianggap menimbulkan beberapa sikap yang menjadi bukti akan terjadinya degradasi moral. Tujuan pada penelitian ini adalah mengukur efektivitas penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang mana data didapatkan dari literatur berbagai jurnal ilmiah, buku, dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Video animasi Tini Tono yang peneliti kenalkan kepada SDN Cilengkrang tepatnya pada anak kelas 1, berhasil membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif dalam penyampaian akhlak mulia bagi siswa sekolah dasar.Media pembelajaran berupa video yang tim peneliti buat dinilai sangat membantu dan mempermudah proses pembelajaran dikelas ketika BDR maupun PTMT. Saran yang diberikan untuk produk video animasi Tini dan Tono yakni berkaitan dengan peggunaan kalimat yang terlalu panjang, dikhawatirkan akan memuat peserta didik susah mencerna kalimat.


Keywords


Akhlak Mulia, Video Pembelajaran, Animasi, Media Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Aeni, Ani Nur. 2014. "Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam." Mimbar Sekolah Dasar 50-58.

Alif Achmad, E. D. (2020). Peran Guru PAI dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI. Al-Fikri : Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 43-51.

Ahmadi, abu, and Widodo Supriyono. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Durahman, Nanang, and Deni Ahmad Jakaria. 2020. "Implementasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar." JUTEKIN (Jurnal Teknik Informatika) 11-20.

Fahyuni, Eni Fariyatul, and Imam Fauji. 2017. "Pengembangan Komik Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar." halaqa: Islamic Education Journal 17-26.

Khairunnisa, Indah, Yazida Ichsan, Nikmatin Muyasaroh, Muhyidin, and Hafiz Atha Muhanna. 2021. "Optimalisasi Pembelajaran Akidah Berbasis Teknologi di Masa Pandemi." Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam 74-84.

Komariah, Hamdanah, and Surawan. 2021. "Strategi Guru PAI dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa Secara Daring." Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam 43-52.

Masri, Rasyid. 2021. Degradasi Moral Pendidikan era covid. Maret 19. https://uin-alauddin.ac.id/tulisan/detail/Degradasi-Moral-Pendidikan-era-covid.

Maulani, Siska, Nisa Nuraisyah, Dini Zarina, Intan Velinda, dan Ani Nur Aeni. 2022. "Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) 19-26.

Pramono, Agus. 2021. Buku Perkembangan Ilmu Pengetahuan & Teknologi dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Ramdani, Peri. 2021. Media Pembelajaran Animasi. Jakarta: Farha Pustaka.

Rochmawati, Nikmah. 2018. "Peran Guru dan Orang Tum Membentuk Karakter Jujur Pada Anak." Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam 1-12.

Rohmah, Siti, and Mar'atus Syifa. 2021. "Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Sejarah Kebudayaan Islam." Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam 127-141.

Sartika, Fitria, Elni Desriwita, and Mahyudin Ritonga. 2020. "Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI di sekolah dan madrasah." Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 115-128.

Utami, Dina. 2011. "Animasi Dalam Pembelajaran." Majalah Ilmiah Pembelajaran 44-52.

Yusuf, Syaifulloh. 2019. "Konsep Pendidikan Akhlak Syeikh Muhammad Syakir dalam Menjawab Tantangan Pendidikan Era Digital (Eksplorasi Kitab WashÄyÄ Al-Ä€bÄ’ Lil AbnÄ’)." Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v5i1.21131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.