PERAN KINERJA KEUANGAN DALAM PENINGKATAN NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR CONSUMER GOODS

Hendrico Halif Karunia  -  Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
Wahyu Setiawan*  -  Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia

(*) Corresponding Author
Companies from various sectors from small, medium to large scale assess their business success, one of which is the company's financial performance. In order to realize the company's vision and mission, good and healthy financial performance is needed. This research aims to examine how financial performance affects the value of the company. This research will take a sample of companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the consumer goods sector. This research uses multiple linear regression analysis with a significance level of 5%.
  1. Abrori, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Solvabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(2).
  2. Apriyana, N. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Ukuran Kap Terhadap Audit Delay. Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(3).
  3. Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
  4. Faidah, F. (2018). The Effect of Capital Structure, Corporate Governance, Liquidity and Firmsize on Firm Value with ROE as Intervening Variables. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(3).
  5. Febrian, L. A. (2022). Pengaruh Return on Assets (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), dan Current Ratio (CR) terhadap Nilai Perusahaan Pada Jakarta Islamic Index 70. Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu.
  6. Franita, R. (2016). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Mediasi, 05(02), 72–89.
  7. Fujianti, L., & Satria, I. (2020). Firm Size, Profitability, Leverage As Determinants Of Audit Report Lag: Evidence From Indonesia. International Journal Of Financial Research, 11(2).
  8. Ghozali, I., & Ratmono, D. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika dengan Eviews 10. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro.
  9. Harmono, D. (2009). Manajemen Keuangan Berbasis Balance Scorecard (Pendekatan). Jakarta: Bumi Aksara.
  10. Hasni. (2022). Peran Financial Technology dalam Meningkatkan Kinerja Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(1), 56–70.
  11. Imam Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
  12. Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Kesebelas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  13. Listyawati, Ika., & Kristiana, I. (2020). Pengaruh Return on Equity, Current ratio, Size Company, dan Debt to equity ratio Terhadap Nilai Perusahaan. Maksimum. Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 10(2).
  14. Meythi., T. E. Kwang, dan L. R. (2013). Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Ekonomi, 10(2), 2671–2684.
  15. Moeljadi. (2006). Manajemen keuangan: pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: Banyumedia.
  16. Moeljono, & Alfianto, N. (2020). Peran Size dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Investment Opportunity Cost dan Leverage Terhadap Kebijakan Deviden. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 21(1), 26–50.
  17. Mulyanti, S., & Rimawan, M. (2022). Analisis Return on Equity, Return on Asset Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Pada Pt. Nippon Indosari Corpindo, Tbk. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 1(3), 50–61.
  18. Octaviani, S., & Komalasarai, D. (2017). Shanti et al (2017) pada sektor perbankan. Jurnal Akuntansi, 3(2).
  19. Oktapiadi, R. S., Komariyah, K., & Jhoansyah, D. (2019). Analisis Inventory Turn Over dalam Meningkatkan Profitabilitas pada Matahari Department Store. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(2).
  20. Ramadhani, Y. C. (2021). Perubahan Distruption Melalui Rasio Keuangan dan Fluktuasi Nilai Tukar. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22(1), 27–44.
  21. Sartono, Agus, R. (2010). Manajemen keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.
  22. Setiawan, W., & Khajar, I. (2022). Peningkatan Nilai Perusahaan Berbasis Theory of Firm dan Agency Theory. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(2), 86–98.
  23. Sondakh, P., et al. (2019). Pengaruh Struktur Modal (ROA, ROE Dan DER) Terhadap Nilai Perusahaan (PBV) Pada Perusahaan Sektor Properti yang Terdaftar Di BEI (Periode 2013-2016). Jurnal EMBA, 7(3), 3079–3088.
  24. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
  25. Sumarni, M., & Soeprihanto, J. (2014). Pengantar Bisnis Dasar- Dasar Ekonomi Perusahaan. Yogyakarta: Penerbit Liberty.
  26. Sunaryo, D., & Adiyanto, Y. (2017). Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Deviden Payout Ratio (DPR) Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor HasilL Industri untuk Konsumsi yang Terdaftar di BEI Tahun 2012 – 2017. Jurnal Manajemen, 7(1).
  27. Wibawa, Y. P. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Porperti yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Jurnal Ekonomi dan Bisnis
is published by Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.

Contact: Jl. Raya Kaligawe Km.4, PO BOX 1054/SM Semarang 50112, Indonesia
Phone+62 857-2760-6666
Website: https://fe.unissula.ac.id
Email: ekobis.fe@unissula.ac.id

ISSN: 2685-4767 (Online) | 1411-2280 (Print)
DOI : 10.30659/ekobis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

View My Stats

apps