Dinamika Kekuasaan, Politik dalam Pendidikan: Implikasi Terhadap Transformasi Sosial dalam Manajemen Pendidikan di Era Industri 5.0

Puja Chamelia Putri, Salito Salito

Abstract


Penelitian ini membahas interaksi kompleks antara dinamika kekuasaan dan politik dalam pendidikan, khususnya dalam konteks industri 5.0. Melalui segala analisis dari literatur yang relevan, dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis konten dan analisis tematik untuk mengindetifikasikan konsep dan kunci literatur yang sesuai. Studi ini mengkaji bagaimana dinamika kekuasaan yang di pengaruhi oleh kebijakan pemerintah, pemangku kepentingan, dan kemajuan teknologi membentuk akses, kualitas, dan relevansi pendidikan, artikel ini menyoroti pemberdayaan transformasi sosial dan menyebutkan model manajemen pendidikan yang lebih responsif dan inklusif.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemajuan teknologi dan transformasi sosial yang cepat di era ini memerlukan perubahan mendasar dalam praktik dan manajemen pendidikan.

 

 


Keywords


Dinamika Kekuasaan, Politik Pendidikan, Trasformasi Social, Manajemen Pendidikan, Industry 5.0

Full Text:

PDF

References


Hidayat. (2024). Dinamika Kekuasaan Dan politik. Retrieved from kompasiana,com website: https://www.kompasiana.com/hidayatpascasarjana8264/664fdcb6ed64150356195922/dinamika-kebijakan-dan-kekuasaan-politik-dalam

Jayanthi, Ria, & Dinaseviani, Anggini. (2022). Kesenjangan Digital dan Solusi yang Diterapkan di Indonesia Selama Pandemi COVID-19. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 24(2), 187–200. https://doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.187-200

Marzuki. (2012). Politik Pendidikan Nasional Dalam Bingkai Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(2), 16–39.

Munib, Achmad, & Wulandari, Fitria. (2021). Studi Literatur: Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 160–172. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16154

Nur, Sakiinah1* Almirah, Mahya2, Alfi Fadliya Putri, & Santoso3, Gunawan. (2022). Revolusi Pendidikan di Era Society 5.0; Pembelajaran, Tantangan, Peluang, Akses, Dan Keterampilan Teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), Vol. 01 No, 18–28.

Purnia, Silvi, Adiwisastra, Farid, Muhajir, Hidayatul, & Supriadi, Deddy. (2020). Pengukuran Kesenjangan Digital Menggunakan Metode Deskriptif Berbasis Website. EVOLUSI : Jurnal Sains Dan Manajemen, 8(2), 79–92. https://doi.org/10.31294/evolusi.v8i2.8942

Marzuki. (n.d.). Panoptikon Foucault dan Nalar Kuasa Bawaslu. Retrieved November 9, 2024, from harian fajar.by fajar.co.d website: https://harian.fajar.co.id/2023/12/20/panoptikon-foucault-dan-nalar-kuasa-bawaslu/#:~:text=Foucault terlebih dahulu mendefinisikan pengetahuan sebagai kekuasaan,tidak memandang kekuasaan sebagai sesuatu hal yang

Sapdi, Mulyana. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993–1001. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730

Sarnoto, Zain. (2012). Dinamika Pendidikan Nasional dalam perspektif politik pendidikan. Educare, 2(1), 62–73. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/339768605_Dinamika_Pendidikan_Nasional_Dalam_Perspektif_Politik_Pendidikan

Sdn, D. I., Air, Pagar, Besar, Aceh, Sahelatua, Lounard Syaulan, & Vitoria, Linda. (2018). Kendala Guru Memanfaatkan media IT Dalam pembelajaran Di SDN 1 Pagar Air Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikaan Guru Sekolah Dasar., 3, 131–140.

SKhoiriah, Lubis, & Anas. (2023). Analisis Perkembangan Sistem Manajemen Pendidikan di Era Society 5.0. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(2), 117–132. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i2.650

Sundari, & Eka. (2021). Stakeholders Dalam Pendidikan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 5(2), 285–296. Retrieved from http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v5i2.13538

Muliyah, Aminatun, Nasution, Hastomo, Sitepu, Tryana. (2020). Pengantar ilmu politik. In Journal GEEJ (Vol. 7).

Ummah, Sya’fiatul. (2019). Pendidikan sebagai kapital sosial. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. Retrieved from http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng 8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem Pembentukan Terpusat Strategi Melestari.

Fangestu, Indra, & Syahrizal, Hasan. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38. https://doi.org/10.61104/alz.v1i2.89




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.3.1.14-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.