Pola Integrated Learning Pembelajaran PAI dalam Membentuk Multiple Intelligence Siswa MTs Salafiyah

Tria Syafa'atun

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan akan pembelajaran agama yang hanya menggunakan model pembelajaran klasik pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas. Dalam penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu (1) mengetahui perencanaan pola integrated learning pada pembelajaran PAI dalam membentuk multiple intelligence siswa, (2) mengetahui implementasi pola integrated learning pada pembelajaran PAI dalam membentuk multiple intelligence siswa, (3) mendeskripsikan evaluasi penggunaan pola integrated learning pada pembelajaran PAI dalam membentuk multiple intelligence siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan peneliti bertindak sebagai pengumpul data, instrument kunci, pengamat dan reporter. Hasil dari penelitian ini adalah (1) telah berhasil mengetahui bahwa pola integrated leaarning dapat membentuk multiple intelligence siswa pada mata pelajaran PAI, (2) pola integrated learning diaplikasikan dengan baik oleh guru mapel pada pembelajaran PAI, (3) berhasil mendeskripsikan evaluasi penggunaan pola integrated learning pada pembelajaran PAI dalam membentuk multiple intelligence siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pola integrated learning pada pembelajaran PAI sudah tepat untuk meningkatkan minat dan semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, serta membentuk multiple intelligence siswa secara alami.

Keywords


integrated learning, multiple intelligence, pembelajaran pendidikan agama islam

References


Arifin, S., & Maulidi, A. (2023). Penerapan Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 3, 272–279.

Bahar, H. (2013). Pengembangan Pembelajaran Terpadu dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Teknodik, 17(2), 209–225.

Dwiputro, R. M. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Blended Learning di Sekolah Menengah Atas. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 339. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.8597

Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129.

Hidayat, N. (2011). Peran dan Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Global. Jurnal PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 12(1), 61–74. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jpai/article/view/873/812

Izza, A. Z. (2023). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 11–15. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1954

Kurniati, D. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dengan Sistem Character Based Integrated Learning. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(2), 159–173.

Mahameru, M. (2016). Penerapan Multiple Intelligences Dalam Pendidikan Vokasional. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 8(1), 111–118.

Muhson, N. (2019). Penerapan Blended Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai Materi Sejarah Bani Umaiyah Kelas Viii Smpn 3 Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), 12–25. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i1.1230

Nurhidayati, T. (2015). INOVASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(112), 23–56.

Panjaitan & Prasetya. (2017). Pengaruh Social Media Terhadap Produktifitas Kerja Generasi Milenial (Studi Pada Karyawan PT. Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Juanda). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 48(1), 136238.

Rahmah, S. (2018). PENGAWAS SEKOLAH PENENTU KUALITAS PENDIDIKAN. JURNAL TARBIYAH, 25(2). https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.378

Rofiah, N. H. (2016). Menerapkan Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 68–79.

Rohmadi, M. (2021). Pemanfaatan Exe Learning Sebagai Media Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(1), 37–49. https://doi.org/10.29408/edc.v16i1.3343

Salsabila, U. H., Khoirunnisa, J. F., Saputra, R. H. I., Zidanurrohim, A., & Hafidhdin, M. (2022). Teknologi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1634–1640. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4116

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (p. 203). Alfabeta.

Untung, M. S. (2019). Metodologi Penelitian: Teori dan Praktek Riset Pendidikan dan Sosial. Litera.

Usman, M. U. (2017). Menjadi Guru Profesional (pp. 1–20). Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.4.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.