Peran Spiritual Building Training dalam Pembentukan Akhlak dan Karakter Pancasila Siswa di MA Ihyaul Ulum Pati
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Spiritual Building Training dalam pembentukan akhlak dan karakter pancasila siswa di MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati serta untuk mengetahui dampak dan hasil yang dirasakan siswa setelah mengikuti Spiritual Building Training. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana pengumpulan datanya didapatkan melalui observasi di MA Ihyaul Ulum Pati, wawancara dengan beberapa siswa yang menjadi peserta Spiritual Building Training, wawancara dengan guru bimbingan dan konseling serta wawancara dengan kepala madrasah. Pengambilan datanya juga dari dokumentasi kegiatan spiritual building yang sudah terselenggara. Sebagian besar siswa peserta pelatihan mampu mengimplementasikan hal - hal yang telah dilakukan selama mengikuti program Spiritual Building Training. Sebagian besar siswa rajin dan tertib melaksanakan kegiatan belajar di kelas maupun kegiatan di luar kelas seperti jamaah shalat sunah dhuha saat menjelang waktu istirahat pertama, shalat dhuhur berjamaah maupun saat kajian kitab lainya. Spiritual Building Training yang diadakan MA Ihyaul Ulum Pati juga berdampak positip terhadap pembentukan akhlak dan karakter pancasila pada siswa. Hal ini tercermin dari semakin tingginya tingkat kedisiplinan, adab dan tingkah laku yang ditunjukan sebagian besar siswa serta semakin minimnya tingkat kenakalan yang terjadi pada siswa di lingkungan madrasah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd. Gani Isa, Akhlaq Perspektif Al-Qur’an, Cet. 1, (Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2012)
Abd. Rachman Assegaf, Filsafat Pendidikan Islam, Cet. I, (Jakarta: Raja Gravindo Persada, 2011)
Abdul Wahid Hasan. Aplikasi Strategi dan Model Kecerdasan Spiritual Rosululloh di masa kini, (Jogjakarta. 2016)
Ahmad Dahlan Muchtar & Aisyah Suryani. (2019), Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud, Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Ahmad Tanzeh, PengantarMetode Penelitian, (Yogyakarta: Teras, 2009)
ASiman Faiz, Bukhori soleh & Imas Kurniawaty. (2021), Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia, Jurnal BASICEDU
Akdon, R. &. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Ali, M., Masril, David, Suswati H. dan Wahidah F. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepribadian Terhadap Kepemimpinan Kepala Madrasah di Kabupaten Agam. Jurnal al-Fikrah.
Badruddin Kardas, M. Y. (2019). Implementasi Training Emotional Spiritual Quotient (ESQ) di Universitas Islam Makassar. Ash-Shahabah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam.
Baharuddin dan Rahmatia Z. (2018). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Peningkatan Kinerja Guru di Sma Negeri 3 Takalar Kabupaten Takalar. Jurnal Idaarah
Cahyo Tri Wibowo. (2015). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) pada Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis dan Manajemen.
Elawati Dewi, Devy Habibi Muhammad, Ari Susandi. (2022), Peran Pendidikan Akhlak Dalam Penanggulangan Krisis Moralitas Sosial Di Era Globalisasi, Jurnal Pendidikan Dan Konseling
Fadlil Yani Ainusyamsi. (20121), Perspektif Al Qur’an tentang Pembebasan Manusia Melalui Pendidiksn Akhlak, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam
Jonathan Sarwono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Graha Ilmu: Yogyakarta, 2007)
Kautsar, E. M. (2016). Analisis Isi Sesi Leadership Principle dalam Training Emotional Spiritual Quotient (ESQ) 165. Jakarta.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Ed, Revisi (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2008)
Mudjia Rahardjo, Pengantar Metodologi Penelitian, (Malang: Madza Media, 2020)
Muhammad Azmi, Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra Sekolah, (Yogyakarta: Belukar, 2006)
Muhammad Idrus, Metode Penelitian Ilmu Sosial,(Gelora Aksara Pramata, Yogyakarta:2007)
Muslich Anshori dan Sri Iswati, Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif (Airlangga University Press: Surabaya, 2009)
Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, (Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992)
Muhammad Roifiq (2020), Implementasi Nilai - Nilai Karakter Di Madrasah Ibyidaiyah Melalui Konsep ESQ Learning, Jurnal Mitra PGMI
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan (PT Remaja Rosdakarya: Bandung, 2010)
Nurfitria, N. (2011). Pengaruh Pelaksanaan Training ESQ terhadap Kinerja Karyawan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ridwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Muda. Bandung: Alfabeta
Sofiyah, S. (2019). Kecerdasan Spiritual Anak: Dimensi, Urgensi dan Edukasi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam.
Sri, B. K. dan Endah B. (2015). Membangun Karakter Mahasiswa Melalui Pelatihan ESQ Guna Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Untag Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen
Subagyo, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif (Bandung: CV. Alfabeta, 2009)
Syamsul Rizal Mz. (2018), Akhlak Islami Perspektif Ulama Salaf, Jurnal Pendidikan Islam
Yeni Anggraini. (2022), Program Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah, JUrnal BASICEDU
Zahrotul, B. (2016). Peranan Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual (ESQ) Anak dalam Perspektif Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Islam.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.3.1.31-37
Refbacks
- There are currently no refbacks.