Metode Pendidikan Karakter yang Dicontohkan Nabi Muhammad

Miftakhudin Miftakhudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menjelaskan tentang metode-metode pendidikan karakter yang diterapkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Serta dalil yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits Nabi yang berkaitan dengan metode-metode pendidikan karakter. Serta dalam penulisan ini menggunakan metode kualitatif, dan merupakan jenis penelitian library research yaitu penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya dengan cara membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitiannya. Sumber-sumber tersebut di dapat dari karya yang ditulis oleh para ahli yang berkompeten tentang judul pembahasan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini bahwasanya untuk bisa menerapkan pendidikan karakter memerlukan beberapa metode, dan metode tersebut sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW yang sejak zamannya sudah melakukan dan menerapkan pendidikan karakter.

 

This study aims to describe and explain the methods of character education applied by Rasulullah Muhammad SAW. As well as the arguments sourced from the Qur'an and the Prophet's Hadith relating to methods of character education. As well as in this writing using qualitative methods, and is a type of library research research, namely research that utilizes library resources to obtain research data by reading and taking notes and processing research materials. These sources are obtained from works written by competent experts regarding the title of this research discussion. The results of this study are that to be able to apply character education requires several methods, and these methods have been exemplified by the Prophet Muhammad SAW who since his time has carried out and implemented character education.


Keywords


Character education; method; moral of the Prophet Muhammad SAW.

Full Text:

PDF

References


Abdul Mun’im Al-Hasyimi. 2009. Akhlak Rasul Menurut Bukhari Dan Muslim, Ter. Abdul Hayyie Al-Kattani Dan Arif Chasasul Muna. Jakarta: Gema lnsani.

Abdul Mun’im Al-Hasyimi. 2019. Akhlak Rasul Menurut Bukhari Dan Muslim. Depok: Gema lnsani Press.

Abdullah bin Muhammad bin Abdurahman bin Ishaq Al-Sheikh. 2005. Terjemah Tafsir Ibnu Katsiir (Lubaabut Tafsir Min Ibnu Katsiir), Terj. M. Abdul Ghoffar E.M. cet. 4. Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Abdullah Munir. 2010. Pendidikan Karakter Anak Sejak Dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia.

Abu Dawud al-Sajistany. n.d. Sunan Abu Dawud. jilid 1,.

Ahmad bin Hambal. 2001. Musnad Ahmad Bin Hambal. 1st, vol. 43 ed. Beirut: Muassatu ar-Risalah.

Aisyah M. Ali. 2018. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasinya. 1st ed. Jakarta: Prenada Media Group (Divisi Kencana).

Al-Hakim an-Naisabury. 1998. Al-Mustadrak ‘Ala as-Sahihaini. Beirut: Dar al-Ma’rifah.

Anon. n.d. Desain Induk Pendidikan Karakter Kementrian Pendidikan Nasional. Bab. I Pendahuluan, A. Latar Belakang.

Awy A. Qalawun. 2012. Rasulullah Guru Paling Kreatif, Lnovatif, Dan Sukses Mengajar. Jogjakarta: Diva Press.

Dharma Kesuma, Cepi Triatna, and Johar Permana. 2013. Pendidikan Karakter (Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fadhi llahi. 2010. Bersama Rasulullah Mendidik Generasi Ldaman, Terj. Ahmad Yunus. Jakarta: Pustaka lmam Syafi’i.

Farihiyah. 2019. “UNSUR INTRINSIK NOVEL ENTROK, MARYAM, DAN PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA.†JURNAL SINAU Ilmu Pendidikan Dan Humaniora 5:20.

Ibnu Katsir. 2010. Sirah Nabi Muhammad Sallahu ‘Alaihi Wa Sallam, Terj. Abu Lhsan Alatsari. Jakarta: Pustaka lmam asy-Syafi’i.

K, Kartono., D, Gulo. 1987. Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya.

Mestika Zed. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Nasional.

Miftakhudin. 2020. “Konsepsi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Dalam Perspektif Pendidikan Islam.†TA’DIB Jurnal Pembaharuan Pendidikan Vol 4:23.

Nasiruddin ’Abdullah bin ’Umar al-Baidhawy (w 685 H). n.d. Tafsir Al-Baidhawy. jilid 5.

Salahudin, Anas, and Irwanto Alkrienciehie. 2013. Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa). Bandung: Pustaka Setia.

Thomas Lickona. 1992. Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Thomas Lickona. 2016. Educating For Character (Mendidik Untuk Membentuk Karakter). edisi 1, c. edited by U. Wahyudin and Suryani. Jakarta: Bumi Aksara.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. 1st ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.1.2.120-134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.