DAMPAK KEBERADAAN PASAR MRICAN TERHADAP TINGKAT KINERJA JALAN DI RUAS JALAN TENTARA PELAJAR KOTA SEMARANG
Abstract
Ruas Jalan Tentara Pelajar memiliki arus lalu lintas yang cukup padat karena terdapat aktivitas perdagangan dan jasa berupa Pasar Mrican. Keberadaan Pasar Mrican ini mengakibatkan munculnya permasalahan kemacetan lalu lintas yang disebabkan oleh hambatan samping serta tarikan. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan guna mengetahui besar dampak kebaradaan Pasar Mrican terhadap tingkat kinerja jalan di ruas Jalan Tentara Pelajar Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 100 responden dengan ditentukan oleh metode simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dampak tarikan dan bangkitan yang dihasilkan dari adanya Pasar Mrican terhadap volume di ruas Jalan Tentara Pelajar mengalami kenaikan sebesar 4.44% dengan volume tarikan dan bangkitan sebesar 207.40 smp/jam. Hasil penelitian diketahui bahwa dampak tarikan dan bangkitan yang dihasilkan dari adanya Pasar Mrican terhadap hambatan samping di ruas Jalan Tentara Pelajar mengalami kenaikan hambatan samping 42,16% atau sebesar 387,95 kejadian/jam. Kapasitas jalan menunjukkan bahwa Kapasitas jalan yang dihasilkan dengan adanya dampak dari Pasar Mrican mengalami penurunan sebesar 3.26% atau sebesar 187.68 smp/jam dari kapasitas jalan yang dihasilkan tanpa adanya dampak Pasar Mrican. Tingkat pelayanan jalan menunjukkan bahwa adanya kenaikan tingkat pelayanan jalan pada jam puncak yang dihasilkan akibat dari adanya dampak Pasar Mrican sebesar 6,17%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya dampak yang dihasilkan oleh keberadaan Pasar Mrican terhadap tingkat kinerja jalan di ruas Jalan Tentara Pelajar. Semakin tinggi atau banyak aktivitas perdagangan dan jasa di ruas Jalan Tentara Pelajar makan akan menimbulkan kemacetan lalu lintas. Saran dari penelitian ini adalah perlunya penambahan lahan parkir, penertiban pedagang kaki lima, serta pengelolaan pasar yang lebih baik agar permasalahan kemacetan lalu lintas di ruas Jalan Tentara Pelajar dapat diminimalisasi.
Kata Kunci: Pasar Mrican, Tingkat Kinerja Jalan, Permasalahan Lalu Lintas, Volume Kendaraan
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, M. (2004). Manajemen Lalu Lintas Perkotaan.
Aminah, S. (2007). Transportasi Publik dan Aksesibilitas Masyarakat Perkotaan. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 20, 35–52. http://journal.unair.ac.id/MKP@transportasi-publik-dan-aksesibilitas-masyarakat-perkotaan-article-2146-media-15-category-8.html
Awaluddin, I. (2012). Bangkitan Pergerakan Lalu Lintas Terhadap Tata Bangunan dan Tingkat Pelayanan (LoS) di Ruas Jalan Andi Mallombangan dan Jalan Usman Salengke Sungguminasa Kabupaten Gowa. 65–73.
Damayanti, R., Gandarum, D. N., & Juwana, J. S. (2015). Pengaruh Guna Lahan Dan Pola Pergerakan Bandara Soekarno Hatta Land Use and Movement Patterns Influence Against Road Service Level Around Soekarno Hatta Airport. Jurnal Arsitektur, 15, 1–12.
Firdaus, O., & Gunawan, I. (2013). Analisis Pola Perjalanan Orang Di Kota Pangkal Pinang. Jurnal Fropil, 1(2), 134–149. https://journal.ubb.ac.id/index.php/fropil/issue/view/35
Ningtyas, A. S., & Nurlaela, S. (2019). Pengaruh Kegiatan Terhadap Kinerja Jalan di Koridor Jalan Pasar Kembang Surabaya. Jurnal Transportasi: Sistem, Material, Dan Infrastruktur, 2(2), 51. https://doi.org/10.12962/j26226847.v2i2.5036
PUPR. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).
Ramadhan, G. R., & Buchori, I. (2018). Strategi Integrasi Sistem Transportasi Umum Dalam Menunjang Pariwisata Kota Yogyakarta. Jurnal Pengembangan Kota, 6(1), 84. https://doi.org/10.14710/jpk.6.1.84-95
Wijanarko, I., & Ridlo, M. A. (2019). Faktor-Faktor Pendorong Penyebab Terjadinya Kemacetan. Jurnal Planologi, 14(1), 63.
Prayitno, A. & Anggitia. (2021). Pengaruh Aktivitas Perdagangan CSB Mall Terhadap Kinerja Jalan Cipto Mangunkusumo Koridor SMKN 2 – SMUK BPK Penabur Kota Cirebon. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2 (2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.