STRATEGI PEMASARAN BRAND KIPASOAK DALAM MEMPERKUAT IDENTITAS KEARIFAN LOKAL

Fatikha Afifaturrohmah, Made Dwi Andjani

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena Brand Kipasoak (KAOS APIK), toko kaos branded asal Kabupaten Pati yang berhasil menjadi tren di antara distro lain di daerah tersebut. Brand ini mampu menarik minat masyarakat, baik di dalam maupun di luar Kabupaten Pati, dengan desain kaos yang unik dan autentik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran Brand Kipasoak dalam mempertahankan eksistensinya sebagai pelopor desain kaos khas Pati di tengah persaingan pasar yang semakin ketat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui wawancara mendalam (depth interview). Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme dengan pendekatan teori Integrated Marketing Communication (IMC) serta konsep Marketing Mix, yang mencakup aspek produk, harga, distribusi dan promosi dalam strategi pemasaran Brand Kipasoak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Kipasoak berhasil memanfaatkan elemen budaya lokal Pati, seperti dialek khas dalam desain dan pemasarannya. Kaos dengan desain berbasis dialek Pati menjadi simbol identitas masyarakat lokal serta mereka yang tinggal di luar daerah. Strategi komunikasi yang digunakan, seperti pemanfaatan media sosial dan desain edukatif berbasis kutipan Al-Qur’an, meningkatkan popularitas dan kepercayaan masyarakat terhadap brand ini. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada cakupan sampel yang masih terbatas pada wilayah tertentu, sehingga belum dapat menggambarkan strategi pemasaran Kipasoak di tingkat nasional. Selain itu, penelitian ini hanya berfokus pada perspektif internal perusahaan tanpa menggali lebih dalam pandangan konsumen terhadap efektivitas strategi pemasaran yang diterapkan. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi penerapan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dalam industri kreatif berbasis lokal serta adaptasi tren global tanpa mengesampingkan elemen budaya lokal yang menjadi ciri khas Brand Kipasoak.

Kata Kunci: Brand Kipasoak, Strategi Pemasaran, Kearifan Lokal, Loyalitas Konsumen


Full Text:

PDF

References


Buku

Haque-fawzi, M. G., Iskandar, ahmad syarief, Erlangga, H., Nurjaya, Sumarsi, D., & I. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. In Pascal Books. http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4973

Hariyanto, D. (2016). Buku Komunikasi Pemasaran. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).

Jerry G. Kliatchko. (2020). Integrated Marketing Communication: Putting the Human Person at the Core.

Jurnal

Adhitya, W. R., Teviana, T., Sienny, S., Hidayat, A., & Khaira, I. (2024). Implementasi Digital Marketing Menggunakan Platform E-Commerce dan Media Sosial Terhadap Masyarakat Dalam Melakukan Pembelian. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 5(1), 63–72. https://doi.org/10.47065/tin.v5i1.5293

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Artameviah, R. (2022). Keputusan Pembelian. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25. Budiman, W., & Christine. (2017). Analisis Pengaruh Marketing Mix ( 7P ) terhadap Minat

Beli Ulang Konsumen ( Studi pada House of Moo, Semarang ). Industrial Engineering Online Journal, 6(1), 8. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/15928

Ira Promasanti Rachmadewi, Auliya Firdaus, Qurtubi, Q., Wahyudhi Sutrisno, & Chancard Basumerda. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing pada Toko Online Usaha Kecil Menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 121–128. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3968

Irawan, E., Maras, J. O., Hulu, M., & Sumbawa, K. (2023). Konsep Strategi Word of Mouth Marketing dalam Peningkatan Pengembangan Bisnis : Suatu Tinjauan Literatur. 1(3), 293–303. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i2.482

Kriyantono. (2020). Metode Wawancara Dalam Penelitian Kualitatif. Teknik Pengumpulan Data, i, 16–28. https://kc.umn.ac.id/14232/5/BAB_III.pdf

Latief, F., & Asniwati. (2023). Manajemen Pemasaran (Melalui Pendekatan Strategi dan Implementasi).

M. Setiawan. (2023). PENERAPAN STRATEGI MARKETING MIX PADA KEDAI KOPI DI KOTA YOGYAKARTA (Studi Kasus Pada Kedai Kopi Yang Ada Di Kota Yogyakarta). Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 7–28.

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16–31. https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580

Nur Shofa, R., Yusuf, E., & Teknik Informatika Universitas Siliwangi Tasikmalaya, J. (2020). Implementasi Kualitas Data Dalam Peran Tata Kelola Data Dengan Pendekatan Framework Dama. Jurnal Siliwangi, 6(2), 44–52.

Oktaviani.J. (2018). Communication Mix terhadap keputusan pembelian. Jurnal Komunikasi, 51(1), 51.

Pandaleke, T., Waleleng, F., & Grace. (2020). Peran Komunikasi Sosial Masyarakat Dalam Melestarikan Bahasa Daerah Pasan Di Desa Rasi Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara. Acta Diurna Komunikasi, 2(3), https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna.

Percy, L. (2023). Strategic Integrated Marketing Communications. In Strategic Integrated Marketing Communications. https://doi.org/10.4324/9781003169635

Putri, Z. (2021). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Satya Negara Indonesia. Repository.Usni.Ac.Id. https://repository.usni.ac.id/repository/9152235b5ec386a54bfbb2e0149c8e35.pdf

Ramadan, A., & Baqi, D. Al. (2023). Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Produk “Direct Selling” PT Agro Jabar. Journal of Digital Communication Science, 1(2), 92– 108. https://doi.org/10.56956/jdcs.v1i2.223

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Royan, F. M. (2018). Produk Fashion Kaway Lampung. Ari Meizary1), Purwo Sekti Yanto2), 26–35.

Safna, H., Pane, P., Deni, I. F., & Alfikri, M. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Cahaya Kembar Jaya dalam Meningkatkan Penumpang dalam Presepsi IMC (Intergrated Marketing Communication). 8(2), 1–12.

Sakinah, & Aslami, N. (2021). Peranan Strategi Pemasaran Produk Fulnadi Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan pada Asuransi Takaful Keluarga Palembang. VISA: Journal of Vision and Ideas, 1(2), 101–112. https://doi.org/10.47467/visa.v1i2.783

Salsabila, L. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Layanan Securities. Feb.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Kinerja, halaman 98.

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316

Surti, W. (2023). Strategi Komprehensif untuk Pencapaian Tujuan Bisnis dalam Bauran Komunikasi Pemasaran. 3(1), 39–47.

Sutisna, N. A., Mujahidin, M., Esa, R., Fikri, R., & Rachmat, T. A. (2025). Strategi Komunikasi Coffee 89 Dalam Membangun Citra Positif di Masyarakat. 2, 167–173. https://doi.org/10.62383/konsensus.v2i1.628

Tjiptono, F; Anastasia, D. 2018: (2016). Landasan Teori اديدج. Dasar-Dasar Ilmu Politik, 13, 17–39.

Tjiptono, & Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi., 6–27.

Wahid, U. M., & Rizki, M. F. (2018). Upaya Komunikasi Pemasaran Terpadu Televisi Lokal Melalui Budaya Lokal. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2), 160. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i2.15821

Yusri, A. Z. dan D. (2020). Pengertian Pemasaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.