PENGARUH STRATEGI LIVE MUSIC DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG PADA CAFE TALK COFFEE & EATERY KENDAL

Anisa Rizki Maharani, Dian Marhaeni Kurdaningsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena semakin banyaknya kafe yang mengadopsi strategi Live Music sebagai bagian dari upaya menarik dan mempertahankan pelanggan, bahkan di kota kabupaten seperti Kendal. Salah satunya adalah Cafe Talk Coffee and Eatery Kendal, yang menggunakan konsep family dengan hiburan Live Music mingguan dan strategi Word of Mouth (WOM) untuk meningkatkan loyalitas pengunjung. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh strategi Live Music Dan Word of Mouth (WOM) terhadap Loyalitas Pengunjung di Cafe Talk Coffee & Eatery Kendal, dengan menggunakan teori AIDA. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder dari studi kepustakaan. Data primer dikumpulkan menggunakan teknik accidental sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden, yaitu pengunjung Cafe Talk Coffee and Eatery Kendal. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Live Music dan Word of Mouth (WOM) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pengunjung masyarakat Kendal di Cafe Talk Coffee & Eatery Kendal, dengan nilai Sig. <0,05 dan koefisien determinasi sebesar 0,465 yang menyatakan pengaruh X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y berada pada kategori sedang. Maka, dapat disimpulkan bahwa kedua strategi tersebut berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan loyalitas pengunjung. Penelitian ini memiliki keterbatasan, terutama dalam pengumpulan data melalui kuesioner, di mana responden terkadang tidak memberikan jawaban yang sesuai dengan pendapat mereka sebenarnya. Hal ini dapat disebabkan oleh perbedaan pemahaman dan juga suasana hati responden atau faktor lain seperti kejujuran dalam mengisi kuesioner. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah untuk meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pengunjung, seperti berbagai strategi promosi pemasaran, interior cafe, variasi menu, dan faktor-faktor lain yang relevan. Dengan mengkaji aspek-aspek ini, penelitian selanjutnya dapat memperbarui pemahaman dalam bidang penelitian sejenis, sehingga memungkinkan pengembangan strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan loyalitas pengunjung di berbagai konteks.

Kata Kunci: Live Music, Word of Mouth (WOM), Loyalitas Pengunjung, Cafe, AIDA


Full Text:

Untitled

References


Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.

Arwandi, A. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertunjukan Live Music (Studi Pada Pertunjukan Musik Jkt 48). Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 21-42.

Chandra, S. V., & Sari, W. P. (2022). Analisis Komunikasi Pemasaran dalam Pengembangan Brand Melalui Perspektif Teori AIDA (Studi Kasus Hotel Harper Cikarang). Kiwari, 1(2), 370-376.

Christy, Y. N. Y. (2016). Pengaruh Pertunjukan Live Music Terhadap Kepuasan Pengunjung Di It’s Coffee Espresso Bar Yogyakarta. Pend. Seni Musik-S1, 5(1).

Farahdiba, D. (2020). Konsep dan strategi komunikasi pemasaran: perubahan perilaku konsumen menuju era disrupsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 22-38.

Habibah, A. N., Mulyono, F., & Gunawan, C. (2023). INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION: HOW IMC METHOD BUILD A BRAND EQUITY: KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU: BAGAIMANA METODE IMC MEMBANGUN EKUITAS MEREK. Marketgram Journal, 1(1), 44-51.

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS.

Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada cafe ko. we. cok di solo. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1), 1-13.

Kurniawati, N. K., Widyastuti, N. W., Alifi, M. I., Pratiwi, M., Nisa, H., & Maulana, I. C. (2022). Penerapan Attention, Interest, Desire, Action (AIDA) Terhadap Komunikasi Pemasaran Kerajinan Tangan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 347-353.

Nugraha, B. (2022). Pengembangan uji statistik: Implementasi metode regresi linier berganda dengan pertimbangan uji asumsi klasik. Pradina Pustaka.

Octaviani, A., & Purwanto, H. (2023). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, LIVE MUSIC DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CAFE KUMISAE MADIUN. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 5.

Pambayun, E. L., & Permassanty, T. D. (2021). An Integrated Marketing Communication Circle in 4.0 Era: Filosofi, Konsep, dan Implementasi. Penerbit Adab.

Prayustika, P. A. (2016). KAJIAN LITERATUR: MANAKAH YANG LEBIH EFEKTIF? TRADITIONAL WORD OF MOUTH ATAU ELECTRONIC WORD OF MOUTH. In JURNAL MATRIX (Vol. 6, Issue 3).

Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.

Putra, B. M., Destiwati, R., & Si, M. (n.d.). PENERAPAN STRATEGI WORD OF MOUTH MRD PRODUCTION DALAM MENDAPATKAN KONSUMEN.

Ramadhani, M., Akhmad, I., Ekonomi dan Bisnis, F., & Muhammadiyah Riau, U. (n.d.). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI S3 COFFEE & CAFE. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(1).

Sian, D. S. C. (2022). Pengaruh Word of Mouth (WOM) dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Restoran Ropang Plus Plus, Pluit Sakti/Deviana Sim Cia Sian/77180177/Pembimbing: Morryessa Brandinie.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suryadi, E., Darmawan, D., & Mulyadi, A. (2019). Metode penelitian komunikasi dengan pendekatan kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Utomo, P., Maduwinarti, A., & Pratiwi, N. M. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Warung Kopi Mbah Sangkil Surabaya. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 5(2).

Widyastuti, S. (2017a). Manajemen komunikasi pemasaran terpadu: Solusi menembus hati pelanggan. Feb-Up Press.

Widyastuti, S. (2017b). Manajemen komunikasi pemasaran terpadu: Solusi menembus hati pelanggan. Feb-Up Press.

Winalda, I. T., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh word of mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1573-1582.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.