STRATEGI KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF GAME ONLINE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi yang digunakan oleh orang tua dan anak dalam mengatasi dampak negatif game online. Game online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari anak-anak, tetapi penggunaan yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah seperti gangguan tidur, penurunan prestasi akademik, dan konflik sosial. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana orang tua berkomunikasi dengan anak-anak mereka untuk mengurangi efek negatif ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, melibatkan wawancara mendalam dengan tiga orang tua yang memiliki anak berusia 10 hingga 15 tahun yang aktif bermain game online. Data dikumpulkan melalui pertanyaan terbuka yang dirancang untuk mengeksplorasi berbagai strategi komunikasi yang diterapkan oleh orang tua. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema utama dalam komunikasi orang tua dengan anak terkait game online.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi orangtua dan anak melibatkan beberapa pendekatan utama: pembatasan waktu bermain game yang konsisten, pengawasan terhadap jenis game yang dimainkan, serta komunikasi terbuka mengenai dampak negative game online juga menerapkan pendekatan kepatuhan seperti janji, ancaman. Selain itu, keterlibatan orangtua dalam kegiatan alternatif, seperti olahraga atau hobi lain, juga ditemukan efektif dalam mengurangi ketergantungan anak terhadap game online. Penelitian ini memberikan wawasan berharga mengenai pendekatan yang efektif dalam mengelola dampak negative game online dan diharapkan dapat menjadi panduan bagi orangtua dan pendidik dalam mengembangkan strategi komunikasi yang lebih baik untuk mendukung kesejahteraan anak-anak. Penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan orang tua dan anak terkait kecanduan game online sangat kompleks, penuh ketegangan, dan kontradiksi. Orang tua menghadapi tantangan dalam menetapkan batasan, dan keberhasilan tergantung pada strategi komunikasi yang efektif, konsisten, dan negosiasi hubungan. Keterbatasan pada penelitian ini pada tiga partisipan dari Desa Rejosari, melibatkan anak usia 10-20 tahun, dan kurang mendalami aspek teknologi dalam game online serta keterbatasan waktu. Penelitian selanjutnya dapat memperluas sampel dan wilayah, menggunakan pendekatan kuantitatif, mengeksplorasi kelompok usia berbeda, mendalami aspek teknologi dalam game online, serta mengembangkan program intervensi untuk mengatasi kecanduan game online dan evaluasi dampak jangka panjangnya.
Kata Kunci : Komunikasi Orangtua, Dampak Negatif, Game Online, Analisis Fenomenologi, Relational Dialestic.
Full Text:
UntitledReferences
Buku
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (1996). Handbook of qualitative research. Journal of Leisure Research, 28(2), 132.
Hutahean, B. P. (2007). Gangguan perkembangan neurologis pada bayi dengan riwayat hiperbilirubinemia (Doctoral dissertation, Diponegoro University).
Hamzah, A. (2021). Metode Penelitian Fenomenologi Kajian Filsafat & Ilmu Pengetahuan Dilengkapi Contoh Tahapan Proses dan Hasil Penelitian. CV Literasi Nusantara Abadi.
Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media.
Lincoln, Y. S., Lynham, S. A., & Guba, E. G. (2011). Paradigmatic controversies, contradictions, and emerging confluences, revisited. The Sage handbook of qualitative research, 4(2), 97-128.
McQuail, D. (1996). Teori komunikasi massa: Suatu pengantar.
Manalu, S. R., Santosa, H. P., & Luqman, Y. (2007). Teori Relational Dialectics dalam Konteks Relasi Budaya Jawa. Jurnal Ilmu Sosial, 6(1), 20-31.
Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Rosdakarya
Rustan, A. S., & Hakki, N. (2017). Pengantar ilmu komunikasi. Deepublish.
Suherman, A. (2020). Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi. Deepublish.
Wijaya, I. S. (2013). Komunikasi interpersonal dan iklim komunikasi dalam organisasi. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 115-126.
Jurnal
Amalia, A., & Natsir, M. (2017). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga dengan Kenakalan Remaja. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 143-151.
Fida, W. N., & Unde, A. A. (2019). Strategi Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Anak Remaja Dalam Menghadapi Pergaulan Bebas Di Negeri Tulehu Kabupaten Maluku Tengah. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 20-30.
Inayah, S. F. N., & Wiyani, N. A. (2022). Pembentukan Karakter Ramah Melalui Pembiasaan Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun (5s) Pada Anak Usia Dini. ASGHAR: Journal of Children Studies, 2(1), 12-25.
Lestari, N. N. S. (2012). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problembased learning) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika bagi siswa kelas VII SMP. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 1(2).
Maahuri, G. R. P. (2018). KONSEP DIRI DAN PENGALAMAN KOMUNIKASI MAHASISWA YANG MEMILIKI ORANG TUA TUNGGAL (Studi Fenomenologi tentang Konsep Diri dan Pengalaman Komunikasi Mahasiswa Fisip Undana yang Memiliki Orang Tua Tunggal). Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 7(1), 1132-1132.
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan game online pada remaja: Dampak dan pencegahannya. Buletin psikologi, 27(2), 148-158.
Nst, H. A. A., Lubis, I. S. L., & Alsa, A. (2024). Pengaruh Kontrol Diri terhadap Kecanduan Game Online pada Remaja di Kelurahan Rambung Dalam Kota Binjai. PSYCHODYNAMIC: JURNAL KAJIAN PSIKOLOGI, 1(1).
Syahran, R. (2015). Ketergantungan online game dan penanganannya. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(1).
Seftian, A. D., Alifia, P. H., Rizaludin, M., & Nurhadi, Z. F. (2024). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak dalam Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian Sekolah. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 79-88.
Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2013). The differential susceptibility to media effects model. Journal of communication, 63(2), 221-243.
Skripsi
Angga Sudarnoto, Angga (2021) Pola Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Remaja Pecandu Game Online Arena of Valor Di Jakarta. Skripsi Skripsi, Universitas Sahid Jakarta.
Fitria Yusnita, SKRIPSI S1: Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online Dengan Kompetensi Sosial Pada Remaja, 2009
Poerwandari, K. (2009). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Rendika Syahrana P.B. 2022 Skripsi. POLA KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP ANAK PECANDU GAME ONLINE PUBG DI DESA GEMUH BLANTEN RT 07 RW 03 KEC. GEMUH KAB. KENDAL. Skripsi. Universitas Semarang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.