UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK TERPUJI PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG

Mukhammad Fikri Muzaki, Sugeng Hariyadi, Samsudin .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan metode kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif melalui tiga tahap, yaitu tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan peningkatan ketekunan. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Upaya yang dilakukan guru PAI untuk membina akhlak terpuji siswa di dalam dan di luar kelas, 2) Terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membina akhlak terpuji peserta didik.

Kata Kunci: upaya, pendidikan, akhlak terpuji.

Full Text:

Untitled

References


Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung :,PT Remaja Rosdakarya, 2001), h.78

Al-Rasyidin dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, Cetakan II, 2005), h.41

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 5.0. Sunderman: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28-43.

M. Hasyim Syamhudi, Akhlak terpuji Tasawuf: Dalam Kontruksi Piramida Ilmu Islam (Malang: Madani Media, 2015), h.2.

Nasharuddin, Akhlak terpuji: Ciri Manusia Paripura (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2015), 207

Ngalim Purwanto, Menjadi Guru Profesional (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006), Cet. Ke V, h 35.

Rouf, A. (2015). Potret Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 188-206.

Savitri, A. (2019). Revolusi Industri 5.0, Mengubah Tantangan Menjadi Peluang Di Era Dirupsi 4.0. Penerbit Ganesis.

Schwab, P. K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. Crown Bussiness Press.

Tjandrawinata, R. R. (2016). Industri 4.0 Revolusi Industri 5.0 Revolusi Industri Abad Ini

Depdiknas. Pengembangan Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan Abad ke 21, (Jakarta: Depdiknas. 2002.

Depdiknas. Standar Kompetensi Guru, Jakarta: Depdiknas. 2003.

Djali dan Muljono Pudji. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: Grasindo. 2008.

E, Mulyasa. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (Bandung: Rosdakarya. 2007.

Eddy, Roflin. dkk. Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran, Jawa Tengah: Nasya Expanding Management. 2021.

F J Monk, A. M. P Konoers. Psikologi Perkembangan, Yokyakarta: Gajah Mada University Press. 2006. Fadhallah. Wawancara, Jakarta: UNJ Press. 2001.

Fitri, Nur Mahmudah. Analisis Data Penelitian Kualitatif Manajemen Pendidikan Berbantuan Software Atlas. TI 8, Yogyakarta: UAD Press. 2021.

Fu’ad, Bin Abdul Aziz. Begini Seharusnya Menjadi Guru, Jakarta: Darul Haq. 2015.

Gunawan, H Ary. Administrasi Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta. 1906.

H Sunatro. dan Agung, Hartono. Perkembangan Pesera Didik, Jakarta: Rineka Cipta. 2006.

Inda, Lestari Puji. Model Pencegahan Kenakalan Remaja Dengan Pendidikan Agama Islam, Indramayu: Penerbit Adab. 2021.

Irhamna. Analisis Tentang Kendala-Kendala yang Dihadapi Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak dan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Darussalam Kota Bengkul, Vol. 1, No. 1. 2016.

Lexy, J.Moelong. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012.

Lia, Anisa. Upaya guru bimbangan konseling dalam mengatasi kenakalan remaja melalui bimbingan kelompok yayasan smk Putra Bunda pekubuan tanjung pura kabupaten langkat, Skripsi, Sumatra utara: Universitas islam negeri sumatera utara. 2019.

M, Arifin. Filsafat Pendidikan Islam, Edisi I, Cet. III, Jakarta: Bumi Aksara. 1993.

M, Athiyah Al-Abrasyi. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam Ter. Bustami A. Gani, (Jakarta: Bulan Bintang. 1987.

M, Dalyono. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta. 2009.

M. Saekan, Muchith. “Guru PAI yang Profesional”. Jurnal Ilmiah Vol.4, No. 2. 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.