SPIRITUALITAS DAN AKTIVITAS FISIK SEBAGAI FAKTOR PREDIKTOR TINGKAT STRES AKADEMIK Studi Observasional Analitik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang di Masa Post Pandemi COVID-19

Nia Afrida, Yani Istadi, Endang Lestari

Abstract


Latar belakang : Stres akademik mahasiswa kedokteran di masa post pandemi COVID-19 disebabkan oleh berbagai macam faktor. Stres yang tidak diatasi dengan baik bisa menimbulkan akibat buruk bagi mahasiswa. Cara yang dapat dilakukan dalam mengurangi stres antara lain dengan spiritualitas dan aktivitas fisik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui spiritualitas dan aktivitas fisik sebagai faktor prediktor tingkat stres akademik di masa post pandemi COVID-19 pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian yaitu Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang angkatan 2020-2021 sebanyak 205 mahasiswa, terdiri dari 98 angkatan 2020 dan 107 angkatan 2021. Teknik sampling yang dipakai yaitu proportional stratified random sampling. Instrumen penelitian yaitu kuesioner DSES, LASRS, GPAQ dalam bentuk google form. Analisis data dengan uji regresi logistik menggunakan software SPSS 25.0 for windows. Hasil : Berdasarkan hasil uji regresi logistik didapatkan nilai p=0,035 (p<0,05) untuk variabel spiritualitas dan nilai p=0,336 (p>0,05) untuk variabel aktivitas fisik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hanya variabel spiritualitas yang menjadi faktor prediktor tingkat stres akademik pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Nilai Exp(B) sebesar 2,445 maka mahasiswa dengan tingkat spiritualitas rendah lebih beresiko mengalami stres akademik sedang-berat sebesar 2,445 kali dibandingkan mahasiswa dengan tingkat spiritualitas tinggi, sedangkan variabel aktivitas fisik bukan faktor prediktor stres akademik. Kesimpulan : Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa spiritualitas merupakan faktor prediktor tingkat stres akademik di masa post pandemi COVID-19 pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Kata kunci : Spiritualitas, Aktivitas Fisik, Stres Akademik, Mahasiswa Kedokteran, Post Pandemi COVID-19

Full Text:

PDF

References


Aditama, D. (2017). Hubungan Antara Spiritualitas dan Stres pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi. Jurnal eL-Tarbawi, 10(2), 39–62. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol10.iss2.art4

Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 149. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/ jp.v14i2.9221

Apituley, T. L. D., Pangemanan, D. H. C., & Sapulete, I. M. (2021). Pengaruh Olahraga Terhadap Coronavirus Disease 2019. Jurnal Biomedik.

Chekroud, S. R., Gueorguieva, R., Zheutlin, A. B., Paulus, M., Krumholz, H. M., Krystal, J. H., & Chekroud, A. M. (2018). Association between physical exercise and mental health in 1·2 million individuals in the USA between 2011 and 2015: a cross-sectional study. The Lancet Psychiatry. https://doi.org/10.1016/S2215-0366(18)30227-X

Gerber, M., Ludyga, S., Mücke, M., Colledge, F., Brand, S., & Pühse, U. (2017). Low vigorous physical activity is associated with increased adrenocortical reactivity to psychosocial stress in students with high stress perceptions. Psychoneuroendocrinology, 80, 104–113. https://doi.org/10.1016/j.psyneuen.2017.03.004

Greenwood, B. N., & Fleshner, M. (2011). Exercise, Stress Resistance, and Central Serotonergic systems. Exercise and Sport Sciences Reviews, 39(3), 140–149. https://doi.org/10.1097/JES.0b013e31821f7e45

Maharani, A. S. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Dan Kesehatan Mental Pada Usia Dewasa Muda Di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

McCullough, M. E. (1995). Prayer and Health: Conceptual Issues, Research Review, and Research Agenda. Journal of Psychology and Theology, 23(1), 15–29. https://doi.org/10.1177/009164719502300102

Mujib, A., & Rena, S. (2019). The Moderating Effect of Spirituality on the Relationship Between Academic Life Stressors and Perceived Stress in Medical Undergraduate Students. https://doi.org/10.4108/eai.18-9-2019.2293361

Muslim, M. (2020). Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.

Nurmaliyah, F. (2014). Menurunkan Stres Akademik Siswa dengan Menggunakan Teknik Self-Instruction. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(3), 273–282.

Prabamurti, G. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Pemicu Level Stres Akademik Mahasiswa Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. e-Journal Medika Program Studi Pendidikan Dokter.

Prasetyo, S. E., Endriyani, L., & Mahfud. (2016). Hubungan Spiritualitas Dengan Tingkat Stres Pada Lansia Di Dusun Senowo Desa Argorejo Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Romadhona, D. S. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Muhammadiyah Malang.

Schultchen, D., Reichenberger, J., Mittl, T., Weh, T. R. M., Smyth, J. M., Blechert, J., & Pollatos, O. (2019). Bidirectional relationship of stress and affect with physical activity and healthy eating. British Journal of Health Psychology. https://doi.org/10.1111/bjhp.12355

Setiawan, H., Munawwarah, M., & Wibowo, E. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kebugaran dan Tingkat Stres pada Karyawan Back Office Rumah Sakit Omni Alam Sutera dimasa Pandemi Covid-19. Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 3(1). https://doi.org/10.22219/physiohs.v3i1.16935

Setiawan, R., & Halim, S. (2023). Hubungan Aktivitas Fisik dan Tingkat Stres pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Jurnal Kesehatan dan Kedokteran Tarumanagara, 2(1).

Underwood, L. G., & Teresi, J. A. (2002). The Daily Spiritual Experience Scale: Development, Theoretical Description, Reliability, Exploratory Factor Analysis, and Preliminary Construct Validity Using Health-Related Data. Annals of Behavioral Medicine, 24(1), 22–33.

Wahyuni, E. N., & Bariyyah, K. (2019). Apakah spiritualitas berkontribusi terhadap kesehatan mental mahasiswa? Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1).

Wijaya, R., Ydewani, D., & Nagara, P. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Hybrid Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa di Masa Post Pandemi. Jurnal Manajemen dan Bisnis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.