Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V pada Materi Pecahan
Abstract
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, Kesalahan Matematika, Pecahan.
Full Text:
PDFReferences
Anekwe, & Uzoamaka, J. (2020). Teaching and Learning of 21st Century Learners in Anambra State Secondary Schools: Exploring teacher’s preparation and learning environment. 2nd International Conference on New Trends in Teaching and Education, 1–16. https://doi.org/10.33422/2nd.ntteconf.2020.10.51
Damayanti, & Firmansyah, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tahapan Kastolan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2 (1a), 37–50.
Fenanlampir, A., Batlolona, J. R., & Imelda, I. (2019). The Struggle of Indonesian Students in the Context of TIMSS and Pisa has not Ended. International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET), 10(2), 393–406.
Fikriyah, S., Linguistika, Y., & Roebyanto, G. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Pecahan Siswa Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1093–1109. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1093-1109
Gunawan, A. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 1–10.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi, 562–569. https://doi.org/10.4135/9781412957403.n438
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Kolar, V. M., & Hodnik, T. (2021). Mathematical Literacy from the Perspective of Solving Contextual Problems. European Journal of Educational Research, 10(1), 467–483. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.467
Madyaratri, D. Y., Wardono, & Prasetyo, A. P. B. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 2, 648–658. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29213
Mardhiyah, R. H., Fajriyah Aldriani, S. N., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Muti’ah, R. (2020). Literasi Matematika, Upaya meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Kegiatan Pembelajaran. Sleman: Deepublish.
Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367
Salsabilla, I., & Hidayati, Y. M. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). JKPD: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 92–107.
Simarmata, Y., Wedyawati, N., & Rejeki Hutagaol, A. S. (2020). Analisis Literasi Matematika Pada Penyelesaian Soal Cerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 100–105. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i1.654
Siregar, E., Sutiarso, S., & Yusuf, Z. (2021). Analysis of Students’ Mathematical Literacy Ability in Algebraic Concepts Based on Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) Problems. Technium Social Sciences Journal, 21, 381–392. https://techniumscience.com/index.php/socialsciences/article/view/332/124
Ulia, N., Saputri, R. D., & Kusumadewi, R. F. (2018). Model Collaborative Learning Berbantuan Media Ekspresomatika terhadap Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VI(2), 45–57.
Vitantri, C. A., & Syafrudin, T. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar pada Pemecahan Masalah Soal Cerita. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 11(3), 2108–2120.
Refbacks
- There are currently no refbacks.