Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V pada Materi Pecahan

Yolanda Oktaufika, Nuhyal Ulia, Jupriyanto .

Abstract


Kemampuan literasi matematika merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki setiap siswa karena mampu membantu siswa dalam memahami berbagai masalah matematis, akan tetapi pada realitanya kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia masih sangat rendah. Hal ini dibuktikan dari evaluasi internasional yaitu TIMSS. Penelitian ini berfokus pada analisis kemampuan literasi matematika siswa pada materi pecahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan literasi matematika dan jenis kesalahan matematika siswa kelas V pada materi pecahan di SD Negeri Kalilangkap 01. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian yaitu dari 16 siswa yang mengerjakan tes, kemampuan literasi matematika pada materi pecahan dalam kategori sedang yang ditunjukkan dengan 84,75% siswa mampu merumuskan situasi secara matematis dengan menyederhanakan situasi nyata ke dalam bentuk diketahui dan ditanyakan dari soal. 32,81% siswa dapat menerapkan konsep matematika, fakta, prosedur dan penalaran dengan merancang strategi matematika, namun masih banyak kesalahan dalam perhitungan. 32,81% siswa dapat menafsirkan hasil penyelesaian dengan menyimpulkan hasil, namun kebanyakan siswa belum mampu menyimpulkan hasil dikarenakan pemerolehan hasil salah. Dalam mengerjakan tes ini siswa cenderung melakukan kesalahan teknis dan tidak meninjau ulang jawaban. Pada setiap soal banyak siswa yang tidak mereview hasil pekerjaannya dikarenakan terburu-buru dalam mengerjakan soal. Selain itu, kesalahan teknis dilakukan siswa saat melakukan perhitungan dikarenakan kurang tepatnya siswa dalam memilih jalan penyelesaian sehingga menuju ke jalan buntu yang berupa ketidaktahuan siswa dalam memilih prosedur yang tepat.

Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, Kesalahan Matematika, Pecahan.

Full Text:

PDF

References


Anekwe, & Uzoamaka, J. (2020). Teaching and Learning of 21st Century Learners in Anambra State Secondary Schools: Exploring teacher’s preparation and learning environment. 2nd International Conference on New Trends in Teaching and Education, 1–16. https://doi.org/10.33422/2nd.ntteconf.2020.10.51

Damayanti, & Firmansyah, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tahapan Kastolan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2 (1a), 37–50.

Fenanlampir, A., Batlolona, J. R., & Imelda, I. (2019). The Struggle of Indonesian Students in the Context of TIMSS and Pisa has not Ended. International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET), 10(2), 393–406.

Fikriyah, S., Linguistika, Y., & Roebyanto, G. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Pecahan Siswa Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1093–1109. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1093-1109

Gunawan, A. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 1–10.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi, 562–569. https://doi.org/10.4135/9781412957403.n438

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Kolar, V. M., & Hodnik, T. (2021). Mathematical Literacy from the Perspective of Solving Contextual Problems. European Journal of Educational Research, 10(1), 467–483. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.467

Madyaratri, D. Y., Wardono, & Prasetyo, A. P. B. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 2, 648–658. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29213

Mardhiyah, R. H., Fajriyah Aldriani, S. N., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Muti’ah, R. (2020). Literasi Matematika, Upaya meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Kegiatan Pembelajaran. Sleman: Deepublish.

Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367

Salsabilla, I., & Hidayati, Y. M. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). JKPD: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 92–107.

Simarmata, Y., Wedyawati, N., & Rejeki Hutagaol, A. S. (2020). Analisis Literasi Matematika Pada Penyelesaian Soal Cerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 100–105. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i1.654

Siregar, E., Sutiarso, S., & Yusuf, Z. (2021). Analysis of Students’ Mathematical Literacy Ability in Algebraic Concepts Based on Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) Problems. Technium Social Sciences Journal, 21, 381–392. https://techniumscience.com/index.php/socialsciences/article/view/332/124

Ulia, N., Saputri, R. D., & Kusumadewi, R. F. (2018). Model Collaborative Learning Berbantuan Media Ekspresomatika terhadap Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VI(2), 45–57.

Vitantri, C. A., & Syafrudin, T. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar pada Pemecahan Masalah Soal Cerita. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 11(3), 2108–2120.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.