Representasi Mitos Kecantikan Dan Gaya Hidup Sehat Dalam Drama Korea (Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Drama Korea Oh My Venus)

Alice Sanny Vembry, Urip Mulyadi, Made Dwi Andjani

Abstract


Wanita selalu terobsesi dengan mitos kecantikan yang beredar di masyarakat. Berbagai cara dilakukan untuk merubah bentuk tubuhnya menjadi ideal sesuai dengan standar yang dibuat masyarakat. Drama Korea Oh My Venus adalah drama yang menggambarkan konstruksi realitas sosial yang terjadi di tengah masyarakat dan membuat kaum wanita terobsesi dengan mitos kecantikan yang beredar. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan makna mitos kecantikan dan gaya hidup yang ditampilkan dalam drama. Tipe penelitian adalah deskrriptif kualitatif, dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Drama Korea ini memiliki tanda-tanda yang dimaknai sebagai representasi mitos kecantikan yang membuat wanita ingin mendapatkan pengakuan bahwa dirinya cantik. Mengikuti mitos kecantikan dan gaya hidup sehat yang berlebihan justru akan berdampak pada diri sendiri, karena seperti apapun wanita menjaga dan merawat dirinya akan ada masa dimana ia akan memiliki perubahan di tubuhnya seiring berjalannya waktu, kondisi dan usia.

Kata Kunci: Mitos, Roland Barthes, Kecantikan

Full Text:

PDF

References


Angelis, B. D. (2003). Confidence - Percaya Diri. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Arsitowati, W. H. (2017). Kecantikan Wanita Korea Sebagai Konsep Kecantikan Ideal Dalam Iklan New Pond’s White Beauty : What Our Brand Ambassadors Are Saying. Universitas Diponegoro.

Barthes, R. (2004). Mitologi, Kreasi Wacana. Yogyakarta.

Eco, U. (2009). Teori semiotika : signifikasi komunikasi, teori kode, serta teori produksi - tanda (Edisi Terjemah Oleh Inyiak Ridwan Muzir). Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Fatimah, E. (2010). Psikologis Perkembangan : Perkembangan PesertaDidik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hoed, B. H. (2008). Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Depok:Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI Depok.

Kurniawan. (2001). Semiologi Roland Barthes.

Mellicia, L. S. (2022). Pengaruh Penyebaran Isu Standar Kecantika Korea Selatan Melalui Media Sosial terhadap Perilaku Imitasi Penggemar K-Pop. 511-518.

Mukharliza, A. (2018, 10). Ternyata ini standar cantik versi KoreanBeauty. Retrieved from Fimela.com, Jakarta: https://www.fimela.com/beauty/read/3671743/ternyata-ini-standar-cantik-versi-korean-beauty

Redaksi. (2019, 9). Retrieved from Ini Makna Kecantikan Diri Luar dan Dalam. Retrieved from unri.ac.id: https://unri.ac.id/ini-makna-kecantikan-diri-luar-dan-dalam/

Tiffany. (n.d.). Teori Kepercayaan Diri (Self-Confidence) – Faktor.Retrieved from DosenPsikologi.com: https://dosenpsikologi.com/teori-kepercayaan-diri

Vera, N. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi.

Wolf, N. (2004). Mitos kecantikan : kala kecantikan menindas perempuan.Yogyakarta: Niagara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.