PERAN PROMOSI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI JATTINANGOR NATIONAL PARK

Nafiza Najwati, Zaenudin .

Abstract


Bagi sektor pariwisata, promosi merupakan aspek terpenting dan utama untuk menarik minat pengunjung. Namun, sebenarnya dalam proses mempromosikan sebuah tempat wisata tidaklah semudah yang dibayangkan. Dalam pelaksanannya seringkali mengalami berbagai macam kendala yang dapat menghambat proses promosi sesuai dengan situasi dan kondisi. Hal ini juga merupakan kendala yang dihadapi oleh PT Laksmana Jaya Tungga kususnya pada wisata Jatinangor National Park dimana kondisi saat ini yang baru dalam masa pembangunan dan akan melaksanakan soft opening. Sehingga untuk mengenalkan objek wisata yang tergolong baru di kawasan Kec. Jatinangor Kab.Sumedang merupakan sebuah hal yang akan menjadi tantangan. Tujuan dari masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana promosi yang tepat sehingga dapat diaplikasikan dalam mengenalkan tempat wisata baru kepada masyarakat melalui sosial media kususnya pada Instagram sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

Kata Kunci : Promosi, Minat Berkunjung, Pariwisata, Instagram

Full Text:

PDF

References


Arumni, K. V. (2013). Pengaruh Gaya Hidup Brand Minded dan Peran Kelompok Acuan terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung Berbasis Android. Skripsi Universitas Sanata Dharma, 1–96.

Aulia, A. R., & Yulianti, A. L. (2019). Pengaruh City Branding “a Land of Harmony†Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung Ke Puncak, Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) 1,2, 3(3), 71. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp67

Baharuddin, A., Kasmita, M., & Salam, R. (2017). Analisis Kepuasan Wisatawan Terhadap Daya Tarik Wisata Malioboro Kota Yogyakarta. Jurnal Ad’ministrare, 3(2), 107. https://doi.org/10.26858/ja.v3i2.2571

Budiarta Putu. (2020). Strategi pemasaran objek wisata alas kedaton untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Seminar Masional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOVE), 6(2), 139–146.

Chahayu Astina, A. (2013). Pengaruh Pariwisata Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Provinsi Aceh. Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(4), 14–24.

David. (2011). Universitas Kristen Petra Surabaya. Dimensi Interior, 8(1), 44–51. publication.petra.ac.id/index.php/sastra-tionghoa/article/view/121%0D

Engel. (2014). Landasan Teori Pemasaran. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2007, 10–28.

Girsang, D., Pariwisata, A., & Darma, D. (2021). Oleh : E-mail : 29, 416–428.

Haryana, F. E. A., Aryanto, H., & Maer, B. D. A. (2020). Perancangan Strategi Promosi “Ivorie’S Cake.†Jurnal DKV Adiwarna, 1.

Hedynata, M. L., & Radianto, W. E. D. (2016). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan. Strategi Promosi, 1(April), 1–10.

Hermawan, H. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan, dan Sarana Wisata terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan. Media Wisata, 15(1). https://doi.org/10.36276/mws.v15i1.57

Hudiyani, A., Aspan, & Yana, N. F. (2018). Peran Tour Agency Orangutan Journey Dalam Peningkatan Kunjungan Wisatawan. Magenta, 7(1), 35–42.

Indriastuty, N. (2020). Pengaruh bauran promosi terhadap minat pengunjung Wisata budaya pesta adat Erau. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 61. https://doi.org/10.24198/jmk.v4i2.23264

Istiqomah, I., Hidayat, Z., & Jariah, A. (2019). Analisis pengaruh kepercayaan, iklan dan persepsi resiko terhadap keputusan pembelian di situs Shopee di Kota Lumajang. Proceedings Progress Conference, 2(1), 557–563.

Iswidyamarsha, C., & Dewantara, Y. F. (2020). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung Di Dunia Air Tawar Dan Dunia Serangga Tmii. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 3(2), 72–80. https://doi.org/10.32528/sw.v3i2.3849

Mowen dan Minor (2002:182). (2002). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BERKUNJUNG SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Pengunjung Tempat Wisata âJawa Timur Park 2â Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis, 24(1), 1–6.

Mulyani, D. & S. (2007). Metadata, citation and similar papers at core.ac.u 1. Pembagian Harta Waris Dalam Adat Tionghoa Di Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang, 1(14 June 2007), 1–13. https://core.ac.uk/download/pdf/11715904.pdf

Mumek, F., Golung, A. M., & Rogi, S. P. (2021). Peranan Promosi Perpustakaam dalam Meningkatkan Minat Kunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado. Acta Diurna Komunikasi, 3(2), 1–10. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/33393


Refbacks

  • There are currently no refbacks.