Model Peningkatan Halal Repurchase Intention Berbasis Label Halal, Social Media Marketing, Religiosity Dan Halal Awareness

Rika Ardianto, Alifah Ratnawati

Abstract


Penelitian ini diajukan guna mengidentifikasi bagaimana pengaruh label halal terhadap halal awareness. Social media marketing terhadap halal awareness. Religiosity terhadap halal awareness. Label halal terhadap halal repurchase intention. Religiosity terhadap halal repurchase intention dan halal awareness terhadap halal repurchase intention. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian eksplanatori atau explanatory research dimana penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan keterkaitan antara variabel eksogen terhadap variabel endogen. Variabel eksogen pada penelitian ini mencakup label halal, social media marketing, religiosity dan halal awareness sementara untuk variabel endogen adalah halal repurchase intention. Populasi yang akan dianalisis pada usulan penelitian ini adalah konsumen produk susu Bearbrand yang berada di wilayah Semarang. Untuk sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sebanyak 100 responden. Untuk metode analisis penelitian yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Program aplikasi penunjang yang digunakan adalah SPSS 22. Hasil analisis menunjukkan label halal memberikan pengaruh positif signifikan pada nilai halal awareness produk susu Bearbrand. Social media marketing berpengaruh positif signifikan terhadap nilai kesadaran halal atau halal awareness produk susu Bearbrand. Religiosity memberikan pengaruh positif signifikan pada halal awareness produk susu Bearbrand. Label halal memberikan pengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang produk-produk halal (halal purchase intention) produk susu Bearbrand. Religiosity memberikan pengaruh positif signifikan terhadap halal repurchase intention produk susu Bearbrand. Halal awareness berpengaruh positif signifikan terhadap halal repurchase intention produk susu Bearbrand. Social media marketing berpengaruh positif signifikan terhadap halal repurchase intention produk susu Bearbrand.

Kata Kunci: Label Halal, Halal Awareness, Social Media Marketing, Religiosity, Halal Repurchase Intention

Full Text:

PDF

References


Ali, Afzaal, Xiaoling, Guo, Sherwani, Mehkar, & Ali, Adnan. (2018). Antecedents of consumers’ Halal brand purchase intention: an integrated approach. Management Decision, 56(4), 715–735.

Amalia, Rika Yulita, & Fauziah, Syifa. (2018). Perilaku Konsumen Milenial Muslim Pada Resto Bersertifikat Halal Di Indonesia: Implementasi Teori Perilaku Terencana Ajzen. JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), 3(2), 200–218.

Bashir, Abdalla Mohamed. (2019). Effect of halal awareness, halal logo and attitude on foreign consumers’ purchase intention. British Food Journal, 121(9), 1998–2015.

Budiman, Riadi. (2019). Factors Influencing Purchase Intention of Halal Products in Pontianak City. Indonesian Journal of Halal Research, 1(2), 46–48.

Cahyati, Rikka. (2016). Pengaruh Pencantuman Label Halal Terhadap Minat Beli Luwak White Coffe Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Manajemen Universitas 17 Agustus Samarinda, 4(4), 1–7.

Efendi, Arif. (2020). The Effect of Halal Certification, Halal Awareness and Product Knowledge on Purchase Decisions for Halal Fashion Products. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(2), 145–154.

Ibnunas, Bintang Ghaliyan, & Harjawati, Tri. (2021). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Pembelian Produk Halal. JIMAWA, 1(2), 117–125.

Ishak, Suraiya, Hussain, Mohd Yusof, Ramli, Zaimah, Sum, Sarmila Md, Saad, Suhana, & Manaf, Azima Abd. (2016). A study on mediating role of halal perception: determinants and consequence reflections. Journal of Islamic Marketing, 7(3), 1–13.

Izzuddin, Ahmad. (2018). Influence Of Halal Label, Halal Consciousness And Food Materials To Interest Buy Curinary Food Jember. Prosiding 4th Seminar Nasional Dan Call for Papers, 4(22), 287–294.

Khasanah, Miftakhul. (2020). Peranan Media Sosial Sebagai Agen Sosialisasi Halal dalam Membangun Kesadaran Halal: Studi Netnografi. Al-Tijary, 5(2), 139–157.

Loussaief, Aida, & Haque, Ahasanul. (2018). Determinants of Tunisian Consumer Purchase Intention Halal Certified Products: A Qualitative Study. International Tourism and Hospitality Journal, 1(3), 1–16.

Madevi, Fadhila, Yulianto, Edy, & Bafadhal, Aniesa Samira. (2019). Pengaruh Persepsi Label Halal Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli (Survei Online Pada Pengikut Akun Instagram @safiindonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 77(1), 20–29.

Memon, Yusra Jamil, Azhar, Sarwar M., Haque, Raheela, & Bhutto, Niaz Ahmed. (2020). Religiosity as a moderator between theory of planned behavior and halal purchase intention. Journal of Islamic Marketing, 11(6), 1821–1836.

Nusran, Muhammad, Gunawan, Razak, Mashur, Numba, Sudirman, & Wekke, Ismail Suardi. (2018). Halal Awareness on the Socialization of Halal Certification. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 175(1), 1–7.

Pramintasari, Talisa Rahma, & Fatmawati, Indah. (2017). Pengaruh Keyakinan Religius , Peran Sertifikasi Halal , Paparan Informasi , dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal. Jurnal Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 8(1), 1–33.

Rambe, Y., & Afifuddin, S. (2012). Pengaruh Pencantuman Label Halal pada Kemasan Mie Instan terhadap Minat Pembelian Masyarakat Muslim (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Al-washliyah, Medan). Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 1(1), 35–45.

Romizah, & Mas’ud, Fuad. (2021). Pengaruh religiusitas, norma subjektif, perceived behavioral control, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen produk kosmetik bersertifikat halal. Diponegoro Journal of Islamic Economics and Business, 1(1), 43–53.

Setyaningsih, Eka Dyah, & Marwansyah, Sofyan. (2019). The Effect of Halal Certification and Halal Awareness through Interest in Decisions on Buying Halal Food Products. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 3(1), 64–79.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.

Ustaahmetoğlu, Erol. (2020). The influence of different advertisement messages and levels of religiosity on attitude and purchase intention. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 13(2), 339–356.

Yasid, Farhan, Fikri, & Andriansyah, Yuli. (2016). Factors affecting Muslim students awareness of halal products in Yogyakarta, Indonesia. International Review of Management and Marketing, 6(4), 27–31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.