HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KESIAPAN KERJA PADA MAHASISWA ANGKATAN 2018/2019 FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Wah Urip Dianta, Agustin Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan kesiapan kerja pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan pada 140 mahasiswa angkatan 2018/2019 Fakultas Psikologi Unissula sebagai subjek penelitian. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini meliputi skala motivasi berprestasi yang terdiri dari 18 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,820 dan skala kesiapan kerja yang terdiri dari 28 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,886. Hasil uji korelasi Product Moment antara motivasi berprestasi dan kesiapan kerja diperoleh skor rxy= 0,491 dengan p= 0,000 (p<0,01), yang artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan kesiapan kerja pada mahasiswa maka hipotesis pada penelitian dapat diterima. Sumbangan efektif variabel motivasi berprestasi terhadap kesiapan kerja sebesar 24,1%.

Kata kunci: Motivasi berprestasi, kesiapan kerja, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Amir, H. (2016). Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri Dan Manajemen Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Unversitas Bengkulu. Manajer Pendidikan, 336-342.

Anas, I., & Hamzah, S. R. (2017). Conceptual study on the enhancement of employability among undergraduates in work-based learning settings. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 65-79.

Arvyaty, Maonde, F., & Noho, N. (2016, Januari). Pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa sma negeri dan sma swasta di kota kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 7, 26 - 42.

Aswar, Saiffudin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Azwar. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saiffudin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bagea, A. (2019). Pengaruh pengalaman kerja praktik kerja industri dan motivasi terhadap kesiapan kerja siswa kelas xii program keahlian teknik komputer dan jaringan smk telkom kendari. Selami Ips, 633-646.

Baiduri, I., Husen, M., & Bustamam, N. (2019). Hubungan konsep diri, minat jurusan dengan kesiapan kerja siwa smk negeri 1 banda aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 19-26.

Baiti, R. D., Abdullah, S. M., & Rochwidowati, N. S. (2017). Career self-efficacy dan kesiapan kerja pada mahasiswa semester akhir. Jurnal Psikologi Integratif, 128-141.

Fadlin. (2016). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas xi sma di kota bima. Eduscience, 1-7.

Fatchurrochman, R. (2011). Pengaruh motivasi berprestasi terhadap kesiapan belajar, pelaksanaan prakerin dan pencapaian kompetensi mata pelajaran produktif teknik kendaraan ringan kelas xi. Edisi Khusus, 60-69.

Hermawati, N. (2014). Hubungan antara orientasi masa depan area pekerjaan dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa psikologi angkatan 2001 uin sgd bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi, 69-77.

Imawati, R., & Amalia, I. (2011). Pengaruh budaya organisasi dan work engagement terhadap kinerja karyawan. Jurnal al-azhar indonesia seri humaniora, V0. 1 (1), 37-43.

Irmayanti, Nuraina, E., & Styaningrum, F. (2020). Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi terhadap kesiapan kerja dengan soft skill sebagai variabel intervening. review of accounting and business, 1-14.

Janah, W. O., & Winarno, A. (2015). Pengalaman Praktik Kerja Industri Motivasi Berprestasi dan Keyakinan Diri (Self-Efficacy) Pengruhnya Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 214-221.

Jasak, F., Sugiharsono, & Sukidjo. (2020). The role of soft skills and adversity quotient on work readiness among students in university. Dinamika Pendidikan, 26-39.

Kokom. (2017). Pengaruh motivasi berprestasi terhadap disiplin kerja pegawai dalam mewujudkan mutu pelayanan pendidikan. Jurnal Publik, 114-124.

Kusumasari, N., & Rustiana, A. (2019). Penagruh pengalaman ojt, fasilitas belajar, dan lingkungan pendidikan terhadap kesiapan kerja siswa melalui motivasi berprestasi. Economic Education Analysis Journal, 366-388.

Mamahit, H. C. (2016). Hubungan Self-Determination Dan Motivasi Berprestasi Dengan Kemampuan Pengambilan Keputusan Siswa Sma. Jurnal Psikologi Psibernetika, 78-92.

Mulya, H. A., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat pertama fakultas psikologi universitas diponegoro semarang . Jurnal Empati, 296-302.

Mulyani, A. (2015). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada remaja di panti sosial bina remaja yogyakarta. Jurnal bimbingan dan konseling, 1-15.

Putranto, I. (2017). Pengembangan model kerja sama link and match untuk meningkatkan kesiapan kerja bagi lulusan smk kompetensi keahlian akuntansi di kota semarang. Jurnal Mandiri Ilmu Pengetahuan Seni dan Teknologi, 69-83.

Putri, E. P. (2014). Hubungan dukungan sosial orang tua, pelatih dan teman dengan motivasi berprestasi akademik dan motivasi berprestasi olahraga (basket) pada mahasiswa atlet basket universitas surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 1-11.

Riyanti, S., & Kasyadi, S. (2021). Motivasi dan pengalaman praktek kerja industri mempengaruhi kesiapan kerja siswa: studi pada siswa smk swasta di kabupaten bogor. Jurnal Pendidikan Ips, 43-57.

Sagita, D. D., Daharnis, & Syahniar. (2017). Hubungan self eficacy, motivasi berprestasi, prokrastinasi akademik, dan stres akademik mahasiswa. Jurnal Bikotetik, 37-72.

Sahidin, L., & Jamil, D. (2013). Pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang cara guru mengajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 212-22.

Sanderayanti, D. (2015). Pengaruh motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa di sdn kota depok. Jurnal Pendidikan Dasar, 222-231.

Sariroh, M. K., & Yulianto, J. E. (2018). Hubungan efikasi diri akademik dengan kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir pada universitas x surabaya . Psychopreneur Journal, 41-51.

Sitanggang, N. G., Mayangsari, M. D., & Zwagery, R. V. (2018). Hubungan antara penetapan tujuan dengan motivasi berprestasi pada siswa smk negeri 1 martapura. Jurnal Kognisia, 17-22.

Sugiyono, Prof Dr. (2017). Metode Penelitian , Kuantitatif , Kualitatif , Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, Prof Dr. (2017). Metode Penelitian , Kuantitatif , Kualitatif , Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surokim. (2016). Pengaruh praktek kerja lapangan dan kepercayaan diri terhadap kesiapan kerja siswa smk. Psikoborneo, 349-355.

Suryani, S., Irianto, A., & Cerya, E. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas xii smk bisnis manajemen di kota solok. Ecogen, 870-879.

Syarip, S. M., Suherman, A., & Yayat. (2018). Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja siswa teknik perbaikan bodi otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 250-255.

Tentama, F., & Riskiyana, E. R. (2020). The role of social support and self-regulation on work readiness among students vocational high school. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 826-832.

Utami, Y. G., & Hudaniah. (2013). Self efficacy dengan kesiapan kerja siswa sekolah menengah kejuruan. jurnal ilmiah psikologi terapan, 40-52.

Wardani, D. (2011). Kontribusi keterampilan sosial dalam pembelajaran ips terhadap kesiapan kerja praktek kerja industri . Edisi Khusus, 256-266.

Wijaya, L. A., Nurmayanti, S., & Furkan, L. M. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan situasional, lingkungan kerja dan motivasi berprestasi terhadap produktivitas kerja guru smp negeri di sub rayon 16 terara kabupaten lombok timur. Jurnal Magister Manajemen, 1-20.

Yustina, A., & Sukardi, T. (2014). Pengaruh bimbingan kejuruan, motivasi berprestasi, dan kemandirian siswa terhadap kesiapan siswa kelas xii tkj. Jurnal Pendidikan Vokasi, 181-194.

Zuniarti, & Siswanto, B. T. (2013). Pengaruh motivasi belajar, kinerja intensitas pembibingan prakerin terhadap kesiapan kerja siswa smk pariwisata DIY. Jurnal Pendidikan Vokasi, 405-415.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.