PENGARUH INTENSITAS TAYANGAN NCT DI CHANNEL YOUTUBE NCT TERHADAP PERILAKU IMITASI DAN FANATISME PADA KOMUNITAS NCTZEN DI SEMARANG
Abstract
Penelitian ini menggunakan teori belajar sosial atau social learning theory oleh Albert
Bandura. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme. Jenis penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik purpose sampling dan rumus
yamane untuk penentuan sampel. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah
komunitas NCTzen Semarang sebagi objek penelitian. Adapun teknik pengumpulan
data pada penelitian ini dengan menyebar kuisoner mengunakan skala likert. Pada
pengujian pertama didapatkan nilai t hitung sebesar 3,455 dan t tabel sebesar 1,977.
Jika intensitas tayangan semakin sering, maka perilaku meniru akan semakin kuat.
Kemudian pengujian kedua didapatkan nilai t hitung sebesar 4.121 dan t tabel sebesar
1,977. Sehingga jika intensitas tayangan sering, maka perilaku fanatisme akan semakin
kuat. Sehingga kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan hipotesis dapat diterima
adanya pengaruh variabel intensitas tayangan terhadap perilaku imitasi dan fanatisme
pada komunitas NCTzen Semarang. Kemudian keterbatasan penelitian ini adalah
sulitnya membedakan teori mana yang cocok untuk digunakan didalam penelitian dan
mencari referensi karena keterbatan pengetahuan penulis.
Full Text:
PDFReferences
Edi Suryadi.(2019). Penelitian Komunikasi (dengan pendekatan Kuantitatif).
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Junaedi, Fajar. (2019). Komunikasi dalam Media Digital. Yogyakarta: Buku Litera
Yogyakarta.
Arikunta, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta
: Rineka Cipta.
Cindoswari, Rara Ageng, Dina Diana. (2019). Peran Media Massa Terhadap
Perubahan Perilaku Remaja di Komunitas Kpopers Batam.
Rakhmad Noor, Mochammad Aditya Putra. (2019). Hubungan Intensitas Mengakses
Postingan Youtube Yoshiolo dan Intensitas Komunikasi Peergroup Dengan
Perilaku Konsumtif di Bidang Fashion Pada Remaja di Semarang.
Wishandy, Riris Loisa, Lusia Savitri Setyo Utami . (2019). Fanatisme Penggemar K-
Pop Melalui Media Sosial (Studi pada Akun Instragaman Fanbase Boyband
iKON).
Setiawan, Rudy . (2013). Kekuatan New Media Youtube Dalam Membentuk Budaya
Populer di Indonesia
Refbacks
- There are currently no refbacks.